Lewat Bansos Mensos Menyapa 51 Pondok Pesantren se-Provinsi Banten

Iklan Semua Halaman

.

Lewat Bansos Mensos Menyapa 51 Pondok Pesantren se-Provinsi Banten

Staff Redaksi Media DPR
Sabtu, 13 Juni 2020

JAKARTA | MEDIA-DPR.COM, Kementerian Sosial mendistribusikan 10.000 paket sembako kepada 51 pondok pesantren (ponpes)  se-Provinsi Banten. Secara simbolik,  bantuan "Bansos Kemensos Hadir"  diserahkan Menteri Sosial Juliari P. Batubara kepada perwakilan ponpes di Ponpes Modern Shohibul Muslimin, Serang, Provinsi Banten. 

Mensos Juliari Batubara meminta agar tidak dilihat dari nilai bantuannya. Tapi Mensos mengajak semua pihak melihat kehadirannya di tengah para santri,  sebagai bentuk pengakuan negara kepada peran penting pondok pesantren untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa pemenang.


"Saya mengajak para santri, para kyai, dan segenap pengasuh pondok pesantren, untuk membangun optimisme. Mari kita bersatu memenangkan perang melawan pandemi," ujar Juliari Batubara selaku Mensos seperti release yang diterima redaksi MEDIA-DPR.COM,di Jakarta, sabtu (13/06/2020).

Hadir dalam kesempatan ini, mantan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah,  Kapolda Banten Irjen Pol. Fiandra, Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras,  Dirjen Dayasos Edi Suharto, Forkopinda Kebupaten Serang dan dan sejumlah pejabat terkait.  

Mensos menyatakan,  kehadirannya tidal lepas dari arahan Presiden.  Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada para menterinya agar turun ke lapangan di saat masyarakat tengah dilanda bencana. 

"Presiden menekankan agar negara hadir di tengah masyarakat yang terkena bencana," imbuhnya.

Selanjutnya Mensos  menyatakan harapannya kepada santri dan pondok pesantren, sebagai wadah pembentukan akhlak dan intelektual generasi muda. 

"Dari pondok pesantren akan lahir para pemimpin bangsa masa depan. Mudah mudahan dari pondok pesantren akan lahir pemimpin yang mengangkat kesejahteraan bangsa," urainya. 

Seperti diketahui Kementerian Sosial mendistribusikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Dalam penyaluran bansos sembako, Kemensos juga bersinergi dengan komunitas selain dengan pemerintah daerah dan K/L dimana penerima barang berbasis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

"Distribusi di Ponpes Modern Shohibul Muslimin ini merupakan salah satu bentuk sinergi Kemensos dalam distribusi bansos sembako dengan komunitas, " terangnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Bachtiar Chamsyah yang juga pengasuh Ponpes Shohibul Muslimin, menyatakan apresiasi tinggi kepada Mensos Juliari.  Bachtiar mengucapkan terima kasih atas bantuan "Bansos Kemensos Hadir". 

"Di tengah pandemi di tengah tantangan ekonomi,  beliau berkenan hadir dan menyerahkan 10.000 paket sembako. Masya Allah," harapnya.

Bachtiar memuji langkah dan kepemimpinan Mensos Juliari. 

"Dari Jakarta  beliau berkenan hadir di tempat ini.  Ini wujud kerja keras dan visi pemimpin yang tidak terkotak-kotak atas dasar agama,  ras,  suku bangsa dan status sosial," katanya.

Ia  menyebut Mensos sebagai pemimpin yang sarat dengan tauladan dan suka membangun kebersamaan. 

"Ini kualitas pemimpin yang perlu ada di tengah kondisi dimana bangsa tengah menghadapi tantangan nasionalisme,"tandasnya.(S. Handoko/Jnn)
close