Guna Ciptakan Pilkada Tahun 2020 Aman, Damai dan Kondusif Silaturahmi Polres Serang Dengan Apdesi

Iklan Semua Halaman

.

Guna Ciptakan Pilkada Tahun 2020 Aman, Damai dan Kondusif Silaturahmi Polres Serang Dengan Apdesi

Media DPR
Selasa, 21 Juli 2020


SERANG BANTEN | MEDIA-DPR.COM, Dalam rangka menciptakan Pilkada aman, damai dan sejuk, telah dilaksanakan kegiatan silaturahmi dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Serang bersama Kapolres Serang. Bertempat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Jl. KH Term. A Khotib, Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang, Senin (20/07/2020).

Ketua Apdesi Kabupaten Serang M. Santibi, dalam sambutannya, mengatakan, mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ngopi bareng Apdesi Kabupaten Serang dalam rangka menciptakan Pilkada yang aman, damai dan sejuk. Dengan adanya kegiatan ini, diluar kaitannya dengan Pilkada mengharapkan dapat bersinergi dengan pihak Kepolisian dalam menyelesaikan segala permasalahan ditingkat desa dengan mengedepankan musyawarah.



"Pada Pilkada tahun 2020, mengarapkan kepada seluruh Kepala Desa baik yang hadir maupun yang tidak agar disampaikan dapat meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat, mengingat pada Pemilu sebelumnya partisipasi masyarakat Kabupaten Serang hanya 54%. Apdesi Kabupaten Serang berjanji akan menciptakan Pilkada tahun 2020 yang aman damai dan sejuk," ucap Santibi.

Kemudian, Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudy Suhartanto, menambahkan, menciptakan Pilkada yang aman,damai dan sejuk bukan lagi janji, namun itu merupakan kewajiban seluruh Kepala Desa dikarenakan Kepala Desa merupakan fasilitator agar pemilihan berjalan dengan lncar sesuai keinginan semua pihak. Mengharapkan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Serang tahun 2020 dapat berjalan dengan kondusif sebagaimana pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2019 meskipun didalamnya terdapat beberapa persoalan.

"Perlu diketahui bahwa Kabupaten Serang berjumlah 29 Kecamatan, 326 Desa, yang mana jumlah Kecamatan dan Desa yang masuk dalam daerah hukum Polres Serang berjumlah 17 Kecamatan dan 186 Desa. Pasca pelaksanaan Pilkades 2019, saat ini terdapat salah satu kepala desa yang terjerat kasus, mengharapkan dapt segera diselesaikan," kata Rudy Suhartanto.

Dalam rangka penanganan Covid-19 juga, kata Rudy, dimana  Kepala Desa menjadi ujung tombak dalam pemberian bantuan sosial dari pemerintah pusat, mengharapkan dalam pelaksanaannya tidak menambah persoalan-persoalan baru. Terkait isu dana desa yang dihilangkan, kepada seluruh Kepala Desa se Kabupaten Serang agar tidak terprovokasi mengingat sampai saat ini tidak ada warning penghapusan dana desa, hanya pendistribusian anggarannya dilakukan secara bertahap tidak seperti sebelumnya. Mengenai hal tersebut diatas juga, mengharapkan agar Kepala Desa se Kabupaten Serang tidak ada yang berangkat menuju jakarta untuk melakukan aksi penolakan, dikarenakan Pandemi Covid-19 belum selesai terlebih lagi DKI Jakarta merupakan Zona Merah penyebaran Covid-19.

Selanjutnya, Wakapolres Serang, Kompol Didid Imawan, mengatakan, kegiatan saat ini merupakan silaturahmi dalam rangka menciptakan Pilkada yang aman, damai dan sejuk. Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Serang akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2020 ditengah pandemi Covid-19. Maka dari itu dengan adanya Pandemi Covid-19, dapat menerapkan protokol kesehatan pada setiap kegiatan baik pada setiap tahapan Pilkada maupun pada setiap kegiatan dikalangan masyarakat.

"Memohon kepada Kepala Desa agar dapat bersinergi dengan Pihak Kepolisian dalam rangka menciptakan Pilkada Kab Serang Tahun 2020 yang aman, damai dan sejuk. Mengharapkan dengan adanya silaturahmi ini, para Kepala Desa menekankan kepada masyarakat untuk dapat berprtisipasi sehingga angka partisipasi masyarakat pada Pilkada Tahun 2020 mengingkat dari sebelumnya 54%," ucap Kompol Didit.

Kompol Didit mengharapkan, agar masyarakat Kabupaten Serang dapat bijak dalam penggunaan media sosial mengingat medsos dapat menjadi pemicu konflik apabila dalam penggunaannya menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian. Polri telah melakukan upaya upaya preventif guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif, dan mengharapkan agar kita semua dapat mempertahankan situasi kamtibmas yang kondusif selama pelaksanaan Pilkada Tahun 2020.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cinder mata penyerahan cindera mata plakat ucapan terimakasih kepada Apdesi Kabupaten Serang atas partisipasi menjaga kamtibmas yang kondusif di daerah hukum Polres Serang dan penyerahan APD masker kepada Apdesi Kabupaten Serang. Dilanjutkan lagi, penyerahan cindera mata plakat penghargaan kepada Kapolres Serang atas dedikasi dan prestasinya dalam menjaga kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Serang.

Selanjutnya pengurus Apdesi Kabupaten Serang melakukan deklarasi yang intinya “mendukung Polres Serang dalam menciptakan Pilkada yang aman, damai dan kondusif”. (AS)
close
Info Pasang Iklan