Sasumata Senjata Para Samurai Jepang Untuk Lumpuhkan OTK

Iklan Semua Halaman

.

Sasumata Senjata Para Samurai Jepang Untuk Lumpuhkan OTK

Staff Redaksi Media DPR
Rabu, 22 Juli 2020

KALIMANTAN TENGAH | MEDIA-DPR.COM, Dengan banyaknya kejadian penyerangan terhadap Mako (Markas Komando) Polri oleh orang tidak dikenal (OTK) yang ingin berniat jahat. Polres Kotawaringin Barat (Kobar) membuat terobosan kreatif yaitu Sasumata guna menghadapi ancaman penyerangan Mako.

Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Dharma Ginting menjelaskan, alat tersebut diadopsi dari senjata Jepang yang menyerupai sebuah tiang atau tongkat panjang yang dulunya digunakan oleh kelas Samurai dari jaman feodal Jepang guna melumpuhkan seseorang yang mengancam, Selasa (21/07/2020).

 
“Sasumata adalah senjata kuno dari Jepang yang berbentuk tongkat panjang dan diujungnya ada besi setengah lingkaran. Alat ini berguna untuk menahan, menangkis serta menjatuhkan serangan tunggal sehingga jarak kita terhadap pelaku penyerangan dalam jarak aman,” jelas AKBP Dharma.

Kapolres Kobar  menambahkan, alat ini berguna agar anggota Polri bisa melakukan tindakan terukur untuk melumpuhkan pelaku kejahatan tanpa melakukan penembakan.

“Jadi jika pelaku berhasil ditangkap maka kita akan bisa mengembangkan motif dan jaringan para pelaku,” tutup AKBP Dharma.
close