Pj.Sekda Ikuti Pengukuhan Paskibraka Melalui Video Conference bersama Presiden

Iklan Semua Halaman

.

Pj.Sekda Ikuti Pengukuhan Paskibraka Melalui Video Conference bersama Presiden

Staff Redaksi Media DPR
Jumat, 14 Agustus 2020

JAMBI | MEDIA-DPR.COM, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH didampingi Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Ronaldi mengikuti Pengukuhan Anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar duplikat Bendera Pusaka) yang dipimpin oleh Presiden RI Ir.H.Joko Widodo (Jokowi) Kamis, (13/08/2020). Jokowi mengukuhkan delapan anggota Paskibraka yang akan bertugas pada saat HUT ke-75 RI di Istana Negara, juga diikuti dengan pengukuhan serentak Paskibraka Tingkat Provinsi, yakni 34 provinsi seluruh Indonesia melalui daring atau video conference. Pj.Sekda mengikuti pengukuhan tersebut di Ruang Rapat Gubernur, Kantor Gubernur Jambi.

Pengukuhan Paskibraka dimulai dengan menyayikan lagu kebangsaan Indonesia  Raya dan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan teks pengukuhan Paskibraka oleh presiden.


Usai mengikuti Pengukuhan, Sudirman menjelaskan, ada yang berbeda pada pelaksanaan  upacara bendera HUT Kemerdekaan RI tahun ini, dalam suasana Pandemi yang melanda seluruh tanah air, sesuai dengan arahan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, petugas bendera hanya 8 anggota saja, dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Delapan Paskibraka yang akan bertugas saat upacara HUT ke-75 RI di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi pada 17 Agustus 2020 sudah terpilih: 1. Pengibar Bendera, Randi Dwi Romansya dari SMA Negeri 7 Sarolangun, 2. Yosefa Angelika dari SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat, 3. Irfandi Satria SMA Negeri 1 Batanghari, 4. Dhea Ayu Larasati dari SMA Negeri 8 Kota Jambi. Untuk Penurunan Bendera: 5. Firman Afrianto dari SMA Negeri 5 Kota Jambi, 6. Gusnadi dari SMA Negeri 2 Sungai Penuh, 7. Singgih Aghyl Laksana dari SMA Negeri 12 Merangin, 8. Suci Ayuni dari SMA Negeri 1 Tebo.


“Mereka merupakan anggota Paskibraka tingkat Provinsi Jambi yang bertugas saat Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih pada 2019, karena pada tahun ini dari Kementerian Pemuda dan Olahraga memutuskan, pemilihan anggota Paskibraka ditiadakan dan hanya menugaskan delapan anggota Paskibraka tahun 2019 sebagai pengibar dan penurun duplikat bendera pusaka di lapangan nantinya,” ujar Sudirman.

Sudirman menatakan, hal ini terjadi lantaran adanya pandemi COVID-19, sehingga seleksi Paskibraka dari tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, ditiadakan. ”Karena COVID-19 juga, upacara Peringatan HUT Ke-75 RI digelar secara terbatas. Termasuk para petugas upacara yang tak sebanyak biasanya. Untuk Provinsi Jambi pada hari Senin 17 Agustus 2020 nanti dilaksanakan lebih maju sekitar jam 07.00 pagi, usai itu kita mengikuti upacara di Istana Negara secara Vitual melalui video conference,” kata Sudirman.

Pada kesempatan ini, Sudirman mengharapkan kepada petugas Paskibraka yang telah ditunjuk agar melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar. ”Saya minta kepada adik-adik petugas Paskibraka yang ditunjuk agar melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar, mari bersama-sama kita doakan agar pelaksanaanya berjalan dengan lancar,” ujar Sudirman.

Editor : H.Pasaribu
Sumber : Humas Pemprov Jambi.
close