Polsek Teluk Betung Selatan Ungkap Kasus Curas, Tangkap 5 Pelaku

Iklan Semua Halaman

.

Polsek Teluk Betung Selatan Ungkap Kasus Curas, Tangkap 5 Pelaku

Staff Redaksi Media DPR
Sabtu, 15 Agustus 2020

LAMPUNG | MEDIA-DPR.COM, Unit Reskrim Polsek Telukbetung Selatan berhasil menangkap lima pemuda yang kerap meresahkan warga dengan modus merampas benda-benda berharga.

Kelima tersangka tersebut yakni AY (36), YP (22), RF (18),YM (20), dan NP (20).
Para pelaku ditangkap aparat karena merampas smartphone milik korban, lokasi kejadian di dekat SMA Taman Siswa, pada tanggal 31 Juli 2020 yang lalu.

Para pelaku melakukan aksinya dengan modus dengan mengendarai sepeda motor berboncengan memepet korban dan memberhentikannya, lalu karena korban takut dikeroyok, korban pun menyerahkan ponsel tersebut ke para pelaku.

"Kemudian korban lapor ke Polsek Telukbetung Selatan, selanjutnya kami lakukan lidik, cari informasi lewat plat nomor kendaraan. Kami sudah amankan, awalnya pelaku RF, kemudian kami kembangkan selama beberapa hari, akhirnya berhasil ditangkap 5 pelaku," ujar Kapolsek Telukbetung Selatan Kompol Hari Budianto, Kamis  (13/08/2020).
 

Kompol Hari memaparkan, sebenarnya pelaku total ada 6 orang, namun satu pelaku berinisial IV masih diburu.

"Kita berharap pelaku lainnya, menyerahkan diri," ujarnya.

Sementara, pelaku AY mengaku awalnya mereka sedang santai nongkrong sambil pesta minuman keras. Karena minuman habis, mereka berinisiatif untuk membeli kembali minuman. Ketika korban berpapasan dengan para pelaku yang sedang mengendarai sepeda motor, muncullah ide untuk menggasak barang berharga milik korban.

"Tadinya minuman miras kami habis. Kita mau beli lagi. Pas beli anak-anak disaliplah sama dia (korban), terus diuber," kata pelaku AY.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman pidana maksimal 9 tahun penjara.

Sementara, terkait aksi penjambretan yang mulai marak, Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Resky Maulana mengatakan,  jika pihaknya melakukan hunting Reskrim dan memetakan wilayah-wilayah mana saja yang terbaru dijadikan para pelaku sebagai jalur menjambret.

"Kita perkuat hunting Reskrim, karena dari beberapa perkara kemarin pelaku ditangkap paksa oleh  Polsek yang sedang  patroli. Kami koordinasi dengan Polsek. Masyarakat juga ketika ada hal mencurigakan atau jadi korban, segera melapor agar segera ditindak lanjuti," ucap Kompol Resky Maulana.(AS)
close