Usai Santap Nasi Kotak,Ratusan Santriwati Ponpes Riyadlus Sholihin Keracunan

Iklan Semua Halaman

.

Usai Santap Nasi Kotak,Ratusan Santriwati Ponpes Riyadlus Sholihin Keracunan

Media DPR
Jumat, 21 Agustus 2020

PROBOLINGGO JAWA TIMUR | MEDIA-DPR.COM, Ratusan Santri Riyadlus Sholihin Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo,Jawa Timur. mengalami keracunan usai makan nasi kotak.

Gejala keracunan massal itu terdeteksi pada Kamis pagi, 20 Agustus 2020 usai Salat Subuh yang pada malam sebelumnya  ratusan santri memakan nasi bersama-sama dalam acara malam menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharrom1442 Hijriyah.

Tiba-tiba memasuki waktu subuh ratusan santri putri mengalami muntah-muntah.
“Diduga mereka keracunan makanan yang mereka santap. Mereka makan nasi kotak. Seperti biasa di pondok itu ada selamatan 1 Suro,” kata seorang pengurus pondok putri.

Menurut Plt Direktur RSUD dr Moh Saleh kota Probolinggo dr.Abror Kuddah menuturkan ada sekitar  180 santriwati yang keracunan  sudah ditangani dan ada yang di rujuk ke  puskesmas Ketapang dan puskesmas Winoasih.
Nasi kotak yang dibuat acara selamatan itu dipesan dari tiga katering, Bukan dimasak oleh santri atau pengurus pondok”tandasnya.

Hal yang sangat disesalkan mengingat pihak ponpes tidak ada pemberitahuan pada Wali santri, sehingga orang tua santri  merasa kecewa, sebab atas kejadian tersebut tidak ada pemberitahuan kalau putrinya keracunan.

Sementara diluar pintu gerbang ratusan orang mau lihat anaknya,tapi dihalau atau tidak diperkenankan masuk dengan alasan karena tidak mengikuti anjuran pemerintah terkait dengan protokol kesehatan.

Begitu juga dengan santri yang ditugaskan menjaga didepan gerbang melarang media ambil foto,karena mereka menjalankan tugas. “Saya hanya menjalankan tugas yang diperintah ponpes.”ujar salah satu petugas dipintu gerbang Ponpes Riyadlus Sholihin.(Agus)
close
Info Pasang Iklan