Kapolri Berencana Ganti Seragam Warna Satpam Menjadi Coklat

Iklan Semua Halaman

.

Kapolri Berencana Ganti Seragam Warna Satpam Menjadi Coklat

Staff Redaksi Media DPR
Selasa, 15 September 2020

JAKARTA | MEDIA-DPR.COM, Kapolri Jenderal Polisi,Idham Azis,menginstruksikan pengantian warna seragam Satuan Pengamanan,( Satpam ), di Indonesia menjadi warna coklat sehingga menyerupai seragam kepolisian,saat ini seragam satpam berwarna putih untuk dinas pagi hari dan biru tua untuk dinas malam hari.
   
Pertanyaan tersebut,dijelaskan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Mabes Polri,Brigjen Pol. Awi Setiyono,kepada media dpr-com,juga awak media lainnya senin,( 14/9/2020 ).

Menurut Awi, dalam pengaturan Kapolri ini,menguarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia,Nomor. 4 Tahun 2020,tentang pengamanan swakarsa, seragam satpam itu nantinya akan dilengkapi,tanda kepangkatan,ada perubahan warna seragam satpam jadi 5 jenis pakaian dinas anggota satpam di sertai dengan pangkatnya," kata, Awi.

Lebih lanjut Awi, menuturkan ke 5 jenis pakaian dinas satpam yaitu, Pakaian Dinas Harian,Pakaian Dinas Lapangan Khusus, Pakaian Dinas Lapangan Satu, Pakaian Sipil Harian dan Pakaian Sipil Lengkap, seragam dan atribut anggota satpam sebelumnya,diatur dalam peraturan Kepala Nomor.24 Tahun 2007,tentang sistem manajemen pengamanan organisasi perusahaan dan instansi atau lembaga pemerintahan,dalam aturan ini di jelaskan manajemen operasi, diharuskan menyesuaikan segala kebutuhan sesuai aturan tersebut,paling lambat satu tahun setelah peraturan di undangkan," pungkas, Awi.
   
Awi menyebutkan Filosofi seragam satpam yang berwarna coklat muda ( baju ),dan coklat tua ( celana ),dengan warna coklat identik dengan warna tanah,kayu,dan batu yang berarti alami,seragam satpam dibuat menjadi mirip kepolisian, untuk menjalin kedeketan emosional antara instansi polri, dengan personil satpam, juga hal itu diatur untuk menumbuhkan kebangaan satpam, sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas dan memuliakan profesi satpam, juga menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat, " ujar, Awi,  ( Suyanto ).
close