Serap Informasi, DPRD Kota Sawahlunto Kunjungi Dinas LHD Sarolangun

Iklan Semua Halaman

.

Serap Informasi, DPRD Kota Sawahlunto Kunjungi Dinas LHD Sarolangun

Staff Redaksi Media DPR
Kamis, 05 November 2020

 


SAROLANGUN JAMBI | MEDIA-DPR.COM, DPRD Kota Sawahlunto, Sumatera Barat melakukan kunjungan kerja ke kantor Dinas Lingkungan Hidup (LHD) Kabupaten Sarolangun, Kamis (05/11/2020).
Dalam kunjungan itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Sawahlunto Elvia Rita Dewi, SH beserta rombongan dari Ketua Komisi III DPRD Kota Sawahlunto Lazwardi beserta jajarannya.

Para anggota legislatif tersebut disambut langsung Kepala Dinas LHD Sarolangun Deshendri, SH didampingi Sekretaris LHD Ratna Dewi beserta jajarannya.

Wakil Ketua DPRD Sawahlunto, Elvia Rita Dewi mengatakan bahwa kedatangan para anggota DPRD kota Sawahlunto ke Dinas LHD Sarolangun ini tentunya dalam rangka untuk bersilaturrahmi dan bertanya jawab mengenai sharing informasi dalam pengolahan sampah dan pengawasan pengelolaan lingkungan.

"Kota Sawahlunto itu kita kecil dengan jumlah penduduk 64 ribu jiwa lebih , 4 kecamatan, 10 Kelurahan dan 27 desa/kelurahan. Kota Sawahlunto itu dulunya bekas tambang Batubara, dan sekarang ini memiliki visi dan misi menjadi kota Sawahlunto kota pariwisata," katanya.

"Tentu sudah menjadi suatu hal ada kelebihannya kenapa kami memilih dinas LHd Sarolangun, jadi nanti kami akan pelajari informasi yang akan kami bawa ke kota Sawahlunto, khususnya dalam pengolahan sampah dan pengawasan lingkungan," kata politis dari partai Golkar ini menambahkan.

Selain itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Sawahlunto, Lazwardi mengatakan bahwa persoalan sampah ini baik sampah rumah tangga ataupun sampah di pasar tradisional, tentunya dihadapi seluruh lapisan masyarakat setiap hari dan bisa menimbulkan berbagai ancaman, maka tentu sampah ini harus dikelola dengan baik dan jika perlu bisa dapat menjadi salah satu program untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat.


 

" Kami menganggap bahwa kami ingin menimba ilmu dari kepala dinas LH Sarolangun ini yang nantinya bisa kami jadikan referensi dan pilot projek untuk kami terapkan di kota Sawahlunto," katanya.

Sementara itu, Kadis LHD Sarolangun Deshendri menyambut baik kedatangan para anggota DPRD dari kota Sawahlunto ini dalam rangka sharing informasi mengenai pengelolaan sampah dan pengawasan pengelolaan lingkungan.

Ia mengatakan bahwa dinas lingkungan hidup di Kabupaten Sarolangun memiliki struktur organisasi dengan empat bidang, yakni Bidang pengelolaan lingkungan hidup, Bidang Penaatan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup, Bidang Limbah P3, Dan Bidang Tata Lingkungan.

"Satu-satunya laboratorium lingkungan hidup di provinsi Jambi yang sudah memiliki akreditasi, dan kami juga punya komisi amdal, sehingga kita bisa menilai sendiri," katanya.

Deshendri juga mengatakan bahwa dalam rangka pengelolaan sampah, pihaknya berupaya melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk memanfaatkan sampah untuk bernilai ekonomis, melalui pengelolaan bank sampah.

"Bank sampah ini di Kabupaten sarolangun ada dua, yakni di Kecamatan sarolangun dan kecamatan singkut.Terima kasih bapak-bapak dprd kita Sawahlunto yang sudah berkunjung ke tempat kami, semoga ini dapat bermanfaat di masa yang akan datang," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga berlangsung diskusi dan tanya jawab berupa sharing informasi antara dinas LHD Sarolangun dan anggota DPRD kota Sawahlunto, yang berlangsung dengan tertib dan lancar.(H.Pasaribu.PJ)

close