Jotaz Education Mengadakan Pelatihan Tanaman Hidroponik Kepada Ibu Ibu Dawis

Iklan Semua Halaman

.

Jotaz Education Mengadakan Pelatihan Tanaman Hidroponik Kepada Ibu Ibu Dawis

Media DPR
Minggu, 27 Desember 2020

 


MALANG | MEDIA-DPR.COM, Di jaman serba instant dan tidak ada sesuatu yang sulit dikerjakan, asal kita mau berusaha pasti akan berhasil dan mendatangkan manfaat.


Paling tidak seperti itulah gambaran apabila kita mulai belajar menanam tanaman secara hidroponik. Sebuah lembaga pendidikan sosial bernama Jotaz Education kembali mengadakan pelatihan  cara menanam tanaman secara hidroponik pada 19/12/2020. Dan kali ini diadakan di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, tepatnya di RT 2 RW 6 di wilayah Kelurahan Merjosari Kota Malang.



Menurut Marlinda Puji Astutik sebagai Ketua RT pelatihan ini sangat bermanfaat bagi rumah yang tidak memiliki lahan yang luas untuk berkebun.

" Antusias warga sangat baik mas, warga langsung praktek sekarang lagi eksekusi botol-botolnya," ujar Ibu RT yang akrab disapa Lindha ini.


Dalam pelatihan dijelaskan bahwa menanam tanaman hidroponik ini cukup mudah dengan hanya menggunakan bahan yang sederhana dan mudah didapat seperti botol bekas air mineral dan Rockwool (bahan spion yang terbuat dari rumput laut).


Rudi sebagai mentor dan owner dari Jotaz Education menjelaskan bahwa ibu rumah tangga bisa menanam jenis sayuran apa saja di rumah dengan lahan yang minim, karena tanaman hidroponik hanya membutuhkan botol air mineral bekas untuk wadahnya.

" Sayurannya setelah panen bisa dikonsumsi sendiri atau kalau mau berbisnis dijual juga bisa,"tutur pria yang murah senyum ini.


Linda mengatakan bahwa untuk kelanjutan dari pelatihan ini dari 10 perwakilan Dawis (Dasa Wisma) yang mengikuti pelatihan dari Jotaz Education ini, setiap Dawis akan membuat 1 tanaman hidroponik.


" Di RT 2, RW 6 ada 5 kelompok Dawis dan setiap Dawis terdiri dari sekitar 12 sampai 15 Kepala keluarga," papar Linda.(Hendro B.L)

close
Info Pasang Iklan