Akibat Curah Hujan Meningkat, Rumah Warga di Manggarai Timur Terendam Banjir

Iklan Semua Halaman

.

Akibat Curah Hujan Meningkat, Rumah Warga di Manggarai Timur Terendam Banjir

Media DPR
Sabtu, 09 Januari 2021

 



Borong, Manggarai Timur-NTT | MEDIA-DPR.COM, Akibat curah hujan yang meningkat semenjak sepekan ini, sejumlah rumah penduduk di Borong Manggarai Timur-NTT  terendam banjir dan diperkirakan ketinggian mencapai 20 sampai 30 centimeter pada jumat 08/01/2021.


Bencana banjir yang terjadi di Tambak, desa Nanga Labang, kecamatan Borong kabupaten Manggarai Timur itu terjadi  akibat luapan sungai Wae Reca yang menimbulkan longsor dan banjir di jalur Tambak ikan, dekat pantai selatan kota Borong.

Pantauan Media, beberapa rumah warga serta hewan peliharaan dan makanan terendam banjir.


Tingginya curah hujan membuat saluran air tak mampu menampung debit air. Akibatnya, air meluap ke rumah warga. 

Yuventius, salah satu warga Tambak, kepada Media DPR.Com mengaku mengalami kerugian akibat banjir yang melanda rumahnya.


“Kerugian saya cukup besar. Jagung dan ayam peliharaan saya semua terbawa air” ketusnya.


“Kejadian banjir ini terjadi berulang kali. Beberapa tahun lalu juga terjadi banjir seperti ini. Banjir ini terjadi karena luapan sungai Wae Reca” tambahnya.


Lebih lanjut, Yuventius mengatakan kiranya Pemerintah buka mata. Daerah rawan banjir seperti di kampung Tambak ini harusnya dicegah. Pemerintah segera cari solusi agar banjir tidak terjadi lagi.


Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Matim, 

Petrus A.N.E Dola, kepada media ini mengatakan selama ini sudah lakukan langkah pencegahan terkait adanya bencana seperti banjir ini.“Langkah pencegahan itu adalah berupa pemasangan rambu-rambu peringatan bencana di daerah rawan”, ketusnya.

Terkait kerugian warga, apakah ada bantuan atau tidak, coba konfirmasi dengan Sekda Matim”, tambahnya.


Menutup pembicaraannya, Dola menghimbau kepada masyarakat agar selama musim hujan, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan siaga terhadap bencana, terlebih khusus warga yang tinggal didaerah rawan bencana. Baik rawan bencana banjir maupun rawan bencana longsor, tutupnya.

Laporan : Jack/Iren

close
Info Pasang Iklan