ARNOLD DUKUNG YORRYS, DEDI SUDARAJAT OPTIMIS MAJU CAKETUM KSPSI, 2021-2026

Iklan Semua Halaman

.

ARNOLD DUKUNG YORRYS, DEDI SUDARAJAT OPTIMIS MAJU CAKETUM KSPSI, 2021-2026

Staff Redaksi Media DPR
Rabu, 31 Maret 2021

 


JAKARTA | MEDIA-DPR.COM, Menjelang Kongres KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia), polarisasi dukungan pemilik suara makin dinamis. Ketua Umum KSPSI, Yorrys Raweyai yang telah habis masa bhaktinya, 2014-2019, tetap memperoleh dukungan. Namun Dedi Sudarajat, Ketua DPD KSPSI Propinsi Banten, yang juga mencalonkan diri menjadi Ketua Umum KSPSI, 2021-2026 tetap optimis memperoleh dukungan dari suara mayoritas, baik SPA maupun DPD dan DPC.



Dukungan Arnold Sihite, Ketua Umum FSP Percetakan, Penerbitan dan Media Informasi (PPMI) yang mencalonkan Yorrys Raweyai disampaikan saat memberi sambutan pada pembukaan Munas VII FSP PPMI (29/03/2021) di Tangerang, Banten. Namun statement tersebut tidak terlalu memperoleh respon dan dingin dari para peserta Munas dan para undangan dari Ketua-Ketua SPA KSPSI.


Yorrys Raweyai sendiri dalam beberapa kesempatan telah menyatakan akan memberi kesempatan kepada kaum muda untuk memimpin KSPSI. Ia hanya berharap dapat memberi “lagacy” (warisan) untuk perbaikan organisasi Serikat pekerja tertua itu (1973) melalui penyempurnaan konstitusi (AD/ART) sebelum memberikan tongkat estafet kepemimpinan bagi kaum muda.


Dengan adanya dukungan resmi Arnold Sihite, Ketum FSP PPMI, kepada Yorrys Raweyai, telah mengubah peta pertarungan perebutan kursi panas Ketua Umum KSPSI. Namun hingga saat ini belum ada statement resmi dari Yorrys, apakah mau maju atau masih menunggu dukungan dari pemilik suara lainnya.


Sebelumnya ada empat kandidat yang siap maju memimpin KSPSI yaitu Dedi Sudarajat, Ketua DPD KSPSI Propinsi Banten/Ketum FSP KEP (Kimia, Energi dan Pertambangan), Dedi Sudarajat, Ketum FSP LEM (Logam, Elektronik dan Mesin), Arief Minardi), Ketum FSPTI (Transport Indonesia), Surya Batubara dan HM. Jusuf Rizal (Ketum FSP Transport Seluruh Indonesia) yang juga Waketum Bidang OKK KSPSI.


Dedi Sudarajat ketika dimintai komentarnya oleh media menyatakan tetap akan maju mencalonkan diri menjadi Ketua Umum KSPSI periode 2021-2026, meski sudah ada pemilik suara yang memberi dukungan kepada Yorrys Raweyai. Ia sangat optimis “Poros Banten” dapat bergerak melakukan konsolidasi untuk memperoleh mayaritas suara, baik SPA maupun DPD dan DPC. Ia akan tetap maju.


“Visi dan Misi saya sederhana. Saatnya Bangkit melakukan perubahan bagi kemajuan organisasi KSPSI yang kita cintai. Dan menjadikan KSPSI sebagai Rumah Besar untuk memperjuangkan, membina, melindungi dan mensejahterakan para pekerja sesuai konstitusi organisasi,” tegas Dedi Sudarajat yang juga Penasehat Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) Propinsi Banten


Figur Dedi Sudarajat tidak bisa dipangdang sebelah mata. Di KSPSI Banten bersama jaringannya, Dedi adalah penggerak dan peduli dengan nasib para pekerja dan buruh. Dedi Suderajat juga yang secara elegan menolak RUU Omnibus Law yang dinilai merugikan nasib para pekerja dan buruh.


Sekretaris DPD KSPSI Propinsi Banten, Dewa Sukma Kelana, turut memberi dukungan agar Dedi Suderajat terus maju untuk berkompetisi guna memimpin KSPSI. Kader dari SP LEM tersebut menyatakan sudah saatnya KSPSI dipimpin kaum muda. Saatnya KSPSI Bangkit, Maju dan Jaya, lebih-lebih setelah UU Omnibus Law diudangkan. (Red)

close