Astrabi Konsisten Dalam Pengembangan Dan Pelastarian Budaya Indonesia

Iklan Semua Halaman

.

Astrabi Konsisten Dalam Pengembangan Dan Pelastarian Budaya Indonesia

Staff Redaksi Media DPR
Senin, 29 Maret 2021

 



JAKARTA | MEDIA-DPR.COM, Setelah sukses pada Raker pertama Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi) bergerak cepat adakan  Rapat Kerja Ke-2 (Raker Ke-2) dengan mengangkat tema "Berkarya Untuk Negeri Dengan Melestarikan dan Mengembangkan Maen Pukulan Betawi sebagai Khasanah Kekayaan Budaya Nusatara dari Betawi Untuk Indonesia"  tentu dengan protokol kesehatan yang ketat kegiatan tersebut berlangsung di Jakarta Pusat, pada sabtu (27/03/20 21). 


Menurut H Anwar Al Batawi meskipun dalam suasana pandemi Astrabi tetap konsisten dengan pengembangan dan pelestarian dunia silat karena dengan budaya yang kuat Indonesia dan betawi tetap terjaga.


" Atrabi mengucapkan terimakasih pada peserta yang hadir pada Raker tersebut, yakni anggota Astrabi se Jabodetabek.Dan juga saya berharap kita jangan cuma melestarikan, tapi juga mengembangkan dunia silat sebagai ajang silahturahmi dan konsolidasi, "ujar H Anwar Al Batawi selaku Ketua Umum Astrabi seperti release yang diterima redaksi MEDIA-DPR.COM, di Jakarta, Senen (29/03/2021).


Ditempat yang sama Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Hendry Whardana menyambut baik atas raker yang diinisiasi Astrabi ini sangat luar biasa, berlangsung dengan sangat  memenuhi protokol kesehatan (prokes). 


"Semua peserta memenuhi persyaratan untuk masuk dan melakukan pembahasan kriteria sesuai dengan protokol kesehatan," urainya. 


Tak hanya itu Astrabi, tambah  Iwan harusnya layak untuk diapresiasi pemerintah, karena program–program kerjanya bukan hanya sekedar kegiatan. Namun kegiatannya  selain silahturahmi juga menjaga kelestarian dan mengembangkan budaya


"Para pegiat seni budaya ini sangat memiliki daya cipta, kreasi, serta ide," tuturnya.


Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta H Ismail SPd menyampaikan, apresiasinya kepada Astrabi yang telah sukses menggelar Raker. 


"Saya berikan aspresiasi kepada Astrabi, walaupun dalam masa pandemi seperti ini budaya Betawi tidak tenggelam dengan usaha Astrabi yang maksimal untuk memajukan budaya betawi," tegasnya. 


Turut hadir dalam acara tersebut selain Ketua Umum Astrabi H Anwar Al Batawi yang juga memimpin langsung 

Raker, tampak sejumlah pejabat diantaranya Ketua DPW PKB DKI, Ketua DPW Demokrat DKI, Ketua DPW PKS DKI serta Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Hendry Wardhana, anggota DPRD DKI Jakarta H Ismail Spd, serta Ketua Umum Bamus H Oding,  H Beki Mardani, Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi dan jajaran, serta Ketua dan perwakilan Korwil Korwil Astrabi.(s handoko)

close