Koramil 1013-03/ Teweh Tengah Tegakan Protkes Covid-19 dan Sosialisasi Bencana Karhutla

Iklan Semua Halaman

.

Koramil 1013-03/ Teweh Tengah Tegakan Protkes Covid-19 dan Sosialisasi Bencana Karhutla

Staff Redaksi Media DPR
Rabu, 10 Maret 2021


MUARA TAWEH | MEDIA-DPR.COM, Koramil 1013-03/Teweh Tengah mengimplementasikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro 

dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bencana karhutla di Bundaran Dermaga dan Jl.Koyem Kab.Barito Utara, pada hari Rabu (10/03/21).


Babinsa Ramil 1013-03/Teweh Tengah bersama Polsek Teweh Tengah menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan selama pandemi berlangsung sekarang serta mensosialisasikan tentang bahanya dampak karhutla.


Beberapa tugas operasional Babinsa dalam PPKM sekala mikro yaitu  melakukan pencatatan data kasus serta pelaksanaan 3T di wilayahnya, melaporkan secara berkala pada posko, melaksanakan monitoring, peneguran dan disiplin protkes dan membantu pendistribusian logistik pendukung (masker, bansos, dsb).




Adapun tugas Babinsa selaku Tracer diantaranya melakukan deteksi kasus baru Covid-19, melakukan pelacakan kontak erat dari laporan kasus informasi maupun dari kasus probable dan suspek, melakukan koordinasi dengan perangkat kelurahan atau desa, RT/RW, satgas Covid-19 dan pemerintah daerah  terkait dalam rangka persiapan pelacakan kontak erat, menyiapkan kebutuhan logistik bagi kontak erat dan keluarga yang bersumber dari puskesmas, Dinkes, mengidentifikasi kasus suspek dari semua kontak erat. 


Ada beberapa langkah-langkah Babinsa dalam PPKM pada masa penyeketan ini yaitu, menempatkan tanda-tanda dilarang masuk di tempat-tempat yang menjadi pelintasan warga, melaksanakan pengecekan suhu tubuh dan surat keterangan Covid-19 di cek point dan tempat-tempat yang telah ditentukan, mengatur giliran jaga warga di cek point sehingga dapat diawasi selama 24 jam danmengatur buka tutup dan keluar masuk warga ke wilayahnya selama dalam penyekatan.


Dan Ramil 1013-03/Teweh Tengah Lettu Inf M.Guntur mengatakan,”Pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memperkuat komunikasi publik tentang protokol kesehatan secara mikro. Karena satuan terkecilnya lewat RT, maka gerakan door to door untuk menjelaskan protokol kesehataan ini sangat diperlukan. Posko juga berperan aktif dalam melakukan sosialisasi protokol kesehatan, serta memiliki peranan dalam melakukan tracking (pelacakan) dan tracing (penelusuran),” ujarnya. (Anang F)

close