Apel Kesiapsiagaan Karhutla Dan Pembukaan Perlombaan Kampung Tangguh Di Tapteng Tahun 2021 Digelar Di Mako Polres Tapteng

Iklan Semua Halaman

.

Apel Kesiapsiagaan Karhutla Dan Pembukaan Perlombaan Kampung Tangguh Di Tapteng Tahun 2021 Digelar Di Mako Polres Tapteng

Staff Redaksi Media DPR
Kamis, 08 April 2021

 


TAPANULI TENGAH | MEDIA-DPR.COM, Kamis 08.04.2021 pukul 09.15 di Lapangan apel Polres Tapteng Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan apel kesiapsiagaan Karhutla dan pembukaan perlombaan kampung tangguh di Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2021.


Kegiatan yang dipimpin Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah Darwin Sitompul 


Dihadiri oleh Dandim 0211/TT  Dadang Alex, S.Sos, Dandenpom 1/2 Sibolga  Letkol Cpm Hasanuddin Siagian, Danlanal Sibolga. Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare, Dansatrad 234/Sibolga diwakili oleh Kasi Dallat Satrad 234/Sibolga  Kapten Lek Wahyadi, Kapolres Tapteng  AKBP Nicolas Dedy Arifianto, SH., S.I.K., MH, Asisten III/Plt. Kadis Pertanian Kab. Tapteng Drs Herman Suwito, Kasatpol PP Kab. Tapteng Jontriman Sitinjak, Kadis Perhubungan Kab. Tapteng an. Jonnedi Marbun, S.Pd, Kalaksa BPBD Kab. Tapteng Safaruddin Ananda Nasution, S.STP MM.

10. Perwakilan dari PT. Nauli Sawit, PT. TAS, PT. CPA dan PT. Gaharu Mas.



Apel gelar pasukan yang dihadiri oleh pasukan apel terdiri dari berbagai personil instansi dari 01. Satu SST barisan Pama dan Camat.02. Satu SSR Denpom 1/2 Sibolga. 03.Satu SST Kodim 0211/TT. 4. SSR Lanal Sibolga. 05. Satu SSR Satrad 234/Sibolga.06. Dua SST Polres Tapteng. 07. Satu SSR Damkar Kab. Tapteng. 08. Satu SSR Satpol-PP Kab. Tapteng.09. Satu SSR Dishub Kab. Tapteng.10. Satu SSR Basarnas Sibolga.11.Satu SSR BPBD Kab. Tapteng.12. Satu SSR Lurah/Kades.13. Satu SSR Sukarelawan.


Amanat Bupati Tapteng Baktiar Ahmad Sibarani yang di bacakan Wakil Bupati mengatakan: "Karhutla menjadi permasalahan yang sangat serius sehingga mendapat pantauan langsung dari presiden RI dan bahkan dunia, dalam Rakornas Karhutla di istana negara Presiden Jokowi telah mengingatkan kepada jajarannya termasuk kepala daerah serta pimpinan satuan TNI-Polri untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.


Yang hadir saat ini agar bersama-sama berkomitmen dalam kesiapsiagaan Karhutla. 


Upaya pencegahan harus terkoordinasi dan terkonsolidasi hingga ke tingkat lapangan, selain dengan memanfaatkan instrumen teknologi juga harus memiliki infrastruktur sampai tingkat bawah karena kita punya Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Desa yang dapat melakukan pemantauan langsung di tingkat lapangan sehingga tidak ada aktifitas pembakaran lahan lagi di daerah kita yang dilakukan masyarakat maupun perusahaan. 


Pada saat ini juga sekaligus dilakukan pembukaan perlombaan kampung tangguh di wilayah kab. Tapteng tahun 2021. 


Kampung tangguh merupakan upaya menciptakan satuan terkecil berbasis partisipasi masyarakat yang mampu bergotong-royong memanfaatkan kearifan lokal yang akan membantu masyarakat dalam melaksanakan edukasi protokol kesehatan sehingga kebersamaan akan menciptakan empathy building dan sosial building dalam memutus rantai Covid-19. 


Kampung tangguh akan mendorong masyarakat untuk berinisiatif mengatasi masalah secara mandiri dalam menangkal pandemi virus berbahaya dimulai dengan pemenuhan kebutuhan secara mandiri oleh masyarakat berupa penyediaan ruang isolasi, Posko kesehatan, dapur umum, hingga lumbung pangan yang dapat dimanfaatkan secara bersama-sama sehingga dapat menguatkan silaturrahmi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 


Saya yakin dari 215 desa dan 56 kelurahan yang ada di Kab. Tapteng saat ini akan tumbuh dan berkembang menjadi kabupaten yang tangguh. Katanya menyampaikan (Richard DA Panjaitan SE)

close