Museum Musik Indonesia Kerjasama Dengan KNIU, UNESCO, MOWCAP Launching 100 Lagu Nusantara

Iklan Semua Halaman

.

Museum Musik Indonesia Kerjasama Dengan KNIU, UNESCO, MOWCAP Launching 100 Lagu Nusantara

Staff Redaksi Media DPR
Rabu, 15 Desember 2021


MALANG | MEDIA-DPR.COM, Museum Musik Indonesia (MMI) kembali membuat gebrakan istimewa dengan melaunching 100 lagu album Nusantara pada Rabu (15/12/2021) di Gedung Kesenian Gajayana Jalan Nusakambangan 19.


Sebanyak 100 lagu album tradisional dan etnik Nusantara telah didaftarkan ke UNESCO oleh MMI. Ini adalah salah satu upaya dari MMI selama ini sebagai Museum Musik dengan melestarikan musik asli Indonesia agar diakui oleh dunia.


Tidak hanya itu, MMI juga telah memfasilitasi Kota Ambon sebagai Kota Musik di Indonesia yang diakui oleh UNESCO.


Hengky Herwanto sebagai salah seorang pendiri MMI mengatakan, kenapa Kota Ambon yang dipilih sebagai kota musik di Indonesia, karena salah satunya adalah peran besar dari Kepala daerahnya yang sangat mensupport perkembangan musik di daerahnya.



"Semua itu peran besar dari Kepala daerahnya juga mas, karena kami dari museum musik hanya memfasilitasi dan mendorong agar Indonesia juga diakui sebagai salah satu negara yang mempunyai banyak jenis musik," papar pria yang selalu ramah menjawab pertanyaan dari media.


Hengky menambahkan untuk jangka pendek ini kota Malang sendiri juga akan mengadakan konser 7 ruang dengan menampilkan musisi musisi kota Malang, agar kota Malang sebagai kota yang juga banyak melahirkan talenta talenta berbakat di musik tetap diperhitungkan dan tidak tenggelam di kancah dunia musik paling tidak di tanah air.


"Rencana besok kita juga akan menghadap ke Sekda kota Malang agar event kita ini paling tidak ada support dan perhatian dari Pemkot Malang," harap pria yang selalu memakai ikat kepala sebagai ciri khasnya ini.


Ratna Wulandari salah seorang pengurus MMI juga menjelaskan bahwa selama ini MMI bertahan dengan bantuan atau donasi dari para donatur yang peduli dengan warisan budaya Indonesia berupa karya musik.


Beberapa atap museum juga kelihatan bocor saat jumpa pers launching 100 lagu album Nusantara. Kebetulan kota Malang saat ini sedang hujan deras mengguyur setiap harinya.


Beberapa koleksi MMI sendiri tidak hanya berasal dari karya musik musisi tanah air, tetapi juga sumbangan dari mancanegara. Baik itu berupa karya lagu seperti PH, kaset, alat musik modern juga tradisional sumbangan dari beberapa Kepala daerah di Indonesia.


Yang menarik adalah dengan keterbatasan dalam hal pemeliharaan, MMI tetap menjadi kebanggaan warga kota Malang.(Hendro BL)

close