Peluang Emas, SMAN 1 Matauli Pandan Buka PPDB Jalur Talent Scouting

Iklan Semua Halaman

.

Peluang Emas, SMAN 1 Matauli Pandan Buka PPDB Jalur Talent Scouting

Staff Redaksi Banten
Sabtu, 18 November 2023

TAPTENG | MEDIA-DPR.COM. Salah satu Metode Inovatif dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang mengikuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 1 tahun 2021 adalah jalur prestasi, khususnya melalui jalur Talent Scouting.


SMA Matauli Pandan kembali melakukan seleksi PPDB jalur talent scouting (bakat dan prestasi) untuk TA. 2024/2025.


PPDB jalur ini merupakan yang kali kedua di SMA Matauli Pandan. Pertama dilaksanakan pada 2022 lalu dan berhasil menjaring 10 Siswa terbaik asal Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara.


Untuk diketahui Yayasan Matauli, didirikan pada 1 Februari 1991, adalah Gagasan Putra terbaik Bangsa asal Kota Sibolga-Tapteng Alm. Panglima ABRI Jendral TNI (Purn) Feisal Tanjung dan Dr. Ir. Akbar Tandjung. 


Visi Yayasan Matauli ini bertujuan mendukung masa depan Bangsa melalui pemimpin berkualitas dan berwawasan Nasional.


SMA Matauli Pandan mengundang 127 SMP Negeri dan Swasta di Kota Sibolga-Tapteng, sedangkan sekolah yang mengutus Siswa terbaiknya mengikuti PPDB jalur Talent Scouting yakni SMPN 1 Pandan, SMPN 2 Pandan Nauli, SMPS Almuslimin Pandan, SMPN 1Kolang, SMPN 1 Sirandorung, SMPN 2 Sosorgadong, SMPN 3 Sorkam Barat, SMPN 2 Pasaribu Tobing, SMPN 1 Sibolga, SMPN 2 Sibolga, SMPN 3 Sibolga, SMPN 4 Sibolga, SMPN 7 Sibolga, SMPS Fatima Sibolga, SMPS Budayya Sibolga.


Berdasar data yang diperoleh, Kualifikasi Calon Siswa yang dicari, memiliki IQ dengan kategori Superior, memiliki semangat juang yang tinggi (resiliensi), sehat jasmani dan rohani, memiliki sertifikat lomba prestasi, memiliki Skor ITP TOEFL minimal 400.


PPDB jalur Talent Scouting ini sebagai bentuk perhatian dan rasa tanggung jawab Yayasan Matauli dan SMA Matauli Pandan terhadap Anak-anak Tapteng dan Kota Sibolga.


Hal itu dikatakan Ketua Umum Yayasan Matauli, Fitri Krisnawati Tandjung B.sc. Putri Sulung dari tiga bersaudara Fitri, Triana dan Sekar, Dr. Ir. Akbar Tandjung di hadapan Peserta Seleksi, Kamis (16/11/2023) di Pandan Tapteng.


“Kita memiliki Atensi khusus untuk Kota Sibolga dan Tapteng perlu cara kreatif untuk mendapatkan talenta terbaik di sini yang bisa kita jaring lebih awal,” tambah Pitri yang juga Pengurus Partai Golkar dan Caleg DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 2. 


"Yang meliputi Kabupaten Humbahas, Labuhan Batu, Labusel, Labura, Madina, Nias, Nias Barat, Nisel, Nias Utara, Palas, Paluta, Tapsel,Tapteng, Taput, Toba, Samosir, Kota Gunungsitoli, Kota Padang Sidempuan, Kota Sibolga.


"Misinya adalah mencari talenta terbaik secara terus menerus dan bisa menghasilkan calon Tokoh Nasional di seluruh bidang. Terkadang, talenta itu seperti intan berlian yang terpendam, dan Matauli membantu mewujudkannya" Ujarnya.


Fitri berharap semakin banyak Anak-anak Tapteng, Kota Sibolga yang bersemangat dan punya Cita-cita ingin maju, jadi orang berprestasi, dan bermanfaat bagi banyak orang. Supaya Sibolga dan Tapteng makin keren, Sumut makin keren dan Indonesia makin keren. 


“Itulah gunanya ada Institusi Pendidikan yang bagus di Daerah. Untuk memajukan Anak-anaknya, agar bisa meraih cita-cita. Nantinya akan kembali dan berbakti untuk Negara dan Daerahnya,” Katanya.


Fitri, ungkap, kalau sudah sampai di sini, berarti kalian adalah Murid pilihan terbaik dari Sekolah, mampu berkompetisi secara fair, terbuka untuk berada di salah satu SMA terbaik di Tapanuli, Sumut dan Indonesia. 


“Kalianlah nanti yang menjadi Calon Pemimpin masa depan. Dan itu harus dimulai hari ini. Kalau kalian ingin melihat versi terbaik diri kalian dan memilih Matauli untuk membantu kalian meraihnya,” Tuturnya 


Ia pun memuji kehebatan Anak-anak Tapteng. Salah satunya, Oscar Rizky Pratama, alumni SMA Matauli Pandan yang diterima di Sekolah Pertambangan Colorado (Colorado School of Mines), Amerika Serikat lewat jalur Beasiswa Indonesia Maju (BIM).


“Kita juga mendorong siswa lainnya untuk mencari beasiswa S1 ke luar negeri. Supaya anak-anak Tapteng dan Kota Sibolga, dan juga Matauli semakin maju dan lebihmendunia,” Jelasnya.


Kepada Wartawan, Fitri Krisnawati Tandjung menjelaskan, "PPDB jalur talent scouting ini dilakukan jauh lebih awal dari ujian masuk regular, dan dikhususkan bagi pelajar SMP sederajat di Kota Sibolga dan Tapteng" Imbuhnya.


“Ada uji psikotes,dan uji skolastik yang dibuat oleh tim internal Matauli. Kita juga menyediakan Kuota 10 Kursi untuk Siswa terbaik. Mereka akan sekolah di SMA Matauli Pandan tanpa biaya,” Paparnya.


Dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengawal Calon Pemimpin masa depan ini memberikan kesempatan terbaik bagi mereka. Agar nantinya mereka dapat mencapai cita-citanya. “Semoga orang terbaik mendapatkan tempat yang terbaik juga,” Pungkasnya. (Rossy)

close