PDI-P Tapanuli Tengah Laporkan Oknum Pejabat Pemkab Tapteng

Iklan Semua Halaman

.

PDI-P Tapanuli Tengah Laporkan Oknum Pejabat Pemkab Tapteng

Staff Redaksi Banten
Rabu, 27 Desember 2023

TAPTENG | MEDIA-DPR.COM. DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Tapanuli Tengah laporkan oknum pejabat Pemkab Tapteng ke Bawaslu setempat, Rabu (27/12/2023).


Ketua DPC PDI-P Tapteng Horas Hutagalung didampingi Sekretarisnya Ronal Pakpahan menyampaikan, pihaknya membuat laporan tersebut terkait adanya oknum pejabat tinggi Pemkab Tapteng yang memberikan arahan bahkan mengajak para pimpinan di Kecamatan hingga tingkat desa, agar memilih dan memenangkan salah satu Parpol.


"Kita ada menemukan sebuah rekaman suara yang berbentuk video yang diduga suara Sekda Tapteng HS yang terlibat dalam mempromosikan salah satu partai peserta pemilu disebuah acara yang digelar bersama pejabat lainnya," ucap Ronal.


Dikatakannya, dengan adanya temuan itu, pihaknya menilai menjadi bentuk dugaan pelanggaran sesuai Pasal 283 UU No 7 Tahun 2017 junto Pasal 4 huruf (d) Undang-Undang Aparatur Sipil Negara Junto Pasal 9 ayat (2) Undang-Undang No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara Junto Pasal Pasal 5 huruf n angka 5 Peraturan Pemerintah No 94 Tahun 2021 Junto Pasal 11 huruf c PP 42 tahun 2004.


Dijelaskannya, PDI-P merupakan bagian dari peserta pemilu yang memiliki calon legislatif. Maka PDIP berharap pemilu 2024 yang jujur dan adil. Oleh karenanya, pihaknya melaporkan dugaan pelanggaran netralitas ASN tersebut ke Bawaslu Tapteng.


"Kami juga menyerukan kepada seluruh elemen pro demokrasi khususnya Bawaslu Tapteng untuk bersama mengawal potensi pelanggaran Pemilu di seluruh tahapan baik itu yang di lakukan oleh Penyelenggara, Pemerintah dan pihak-pihak lain," Harapnya.


Sementara itu, Kordiv HP2H Bawaslu Tapteng yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya membenarkan atas laporan dari DPC PDI-Perjuangan Tapteng.


"Ada laporannya tadi, dan sudah diterima, pada laporannya mereka (PDI-P) disertai dua bukti yang diserahkan kepada pihak kami berupa rekaman suara bentuk vcd serta hasil screenshot dari media sosial," Jelasnya. 


Pada kesempatan lainnya, Ketua DPD Partai Golongan Karya Tapanuli Tengah Joneri Sihite, SE menyatakan dukungannya atas tindakan cepat pelaporan yang dilayangkan PDIP kepada oknum pejabat Pemkab tersebut. 


"Saya mendukung penuh tindakan cepat yang diambil oleh bung Horas Hutagalung" Ucap Joneri. 


"Kita dari Partai Golkar juga ikut serta dalam pelaporan tersebut ke Bawaslu Tapteng yang telah saya kuasakan kepada Rizal Tambunan dan Parlaungan Silalahi, SH" Imbuhnya. 


Menurutnya, hal ini dilakukan agar terciptanya Pemilu 2024 yang jujur dan adil. "Mengingat kita sebagai Ketua Parpol berharap kontestasi Pemilu nantinya berjalan jujur dan adil tanpa adanya intervensi ataupun keberpihakan kepada Parpol tertentu" Tandasnya. (*)


close