Pj Bupati Tapteng Serahkan Alsintan kepada Tujuh Kelompok Tani

Iklan Semua Halaman

.

Pj Bupati Tapteng Serahkan Alsintan kepada Tujuh Kelompok Tani

Staff Redaksi Banten
Rabu, 28 Februari 2024


TAPTENG | MEDIA-DPR.COM. Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta, serahkan bantuan Aaat dan mesin pertanian kepada tujuh Kelompok Tani Tapteng, bertempat di halaman Kantor Bupati Tapanuli Tengah, Selasa (27/02/2024).


Dr. Sugeng Riyanta, menyampaikan ada tujuh kelompok tani yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang menerima alat pertanian tentu ini menjadi nikmat yang harus disyukuri.


"Saya mengucapkan selamat kepada kelompok tani yang mendapatkan Bantuan Alat pertanian, Saya berpesan agar bantuan ini digunakan dengan baik, jangan dijual, semoga alat ini bermanfaat dan dapat meningkatkan hasil pertanian, untuk pemakaian jangka panjang kiranya Alat dan Mesin Pertanian ini dirawat dan dijaga dengan baik," pesannya.


Pj. Bupati Tapteng juga mengharapkan kepada Kepala Desa dan Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Tapteng untuk benar-benar memberdayakan masyarakat.



"Mari berikan penjelasan kepada masyarakat bahwa sejatinya Pemerintah melalui APBN, melalui APBD Provinsi Sumatera Utara juga memberikan alokasi dana bantuan melalui Hibah untuk membantu masyarakat mendapatan bantuan berupa Bantuan Alat dan Mesin Pertanian, sehingga sistem pertanian semakin modern tentu akan berdampak kepada percepatan peningkatan mutu pengelolaan tanah, peningkatan intensitas pertanaman, efisiensi biaya produksi, penyelamatan kehilangan hasil, peningkatan mutu hasil, dan peningkatan pendapatan petani," katanya.


Alat dan Mesin Pertanian semakin modern, tentu membutuhkan pentingnya kehadiran Penyuluhan Pertanian, dengan jumlah Penyuluh Pertanian sebanyak 60 orang harus diberdayakan untuk untuk membina sekitar 762 Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah. 


Adapun jenis/jumlah dan Kelompok Tani penerima bantuan Alsintan Bantuan APBN (Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian T.A.2024), diantaranya satu unit Combine Harvester (Pemanen Padi Otomatis) diserahkan kepada Kelompok Tani Martunas Desa Pargarutan Kecamatan Sorkam, selain itu Kelompok Tani Martunas juga mendapatkan Bantuan berupa Hand traktor (pembajak sawah) 1 unit bersumber dari dana APBD Provinsi (Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara T.A 2024)


Sementara itu Kelompok Tani Indah sejati Lumut mendapatkan satu unit Cultivator (penggembur tanah) dan Kelompok Tani Aek Bottot Tukka masing masing mendapatkan 1 unit Cultivator (penggembur tanah).


Sebanyak 35 unit Handsprayer (alat semprot) bersumber dari dana APBD Provinsi (Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara T.A 2024), diserahkan masing-masing tujuh unit kepada Kelompok Tani Martunas Kecamatan Sorkam, Kelompok Tani Saroha Desa Mombangboru Kecamatan Sibabangun, Kelompok Tani Karya Desa Lopian Kecamatan Badiri, Kelompok tani Makmur Desa Sitio Tio Hilir Kecamatan Pandan dan Kelompok Tani Gabe Marsada Desa Panjalihotan Baru Kecamatan Pinangsori .


Sementara itu, Plt Kadis Pertanian Tapteng Nurhalimah Hutagalung S.TP usai kegiatan mengatakan kelangkaan pupuk untuk Petani saat ini bukan hanya di Kabupaten Tapanuli Tengah namun keseluruhan Indonesia, 


"Ada dampak dari perang Ukraina kemarin , sehingga bahan baku untuk pupuk sangat langka, dan ini sudah menjadi permasalahan Nasional. Harapan kita pada para Petani agar pintar pintar menabung", ujarnya.



Tampak hadir Camat, Lurah dan Kepala Desa serta Kelompok Tani penerima bantuan. (Rossy)



close