Polda Metro Jaya Persiapkan Skema Pengamanan Tempat Tinggal Warga Mudik

Iklan Semua Halaman

.

Polda Metro Jaya Persiapkan Skema Pengamanan Tempat Tinggal Warga Mudik

Staff Redaksi Banten
Sabtu, 23 Maret 2024


JAKARTA  | MEDIA DPR-COM, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto, S.I.K, M.H, menuturkan bahwa anggota kami sudah menyiapkan skema pengamanan di wilayah DKI Jakarta, terlebih, wilayah Jakarta biasanya ditinggalkan warganya untuk mudik.


"Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang,yang banyak ditinggalkan oleh masyarakat yang akan melakukan perayaan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 H, untuk pulang kampung,halamannya, yang ada yang ke Sumatera, Banten, Bogor, Sukabumi, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Karyoto kepada dpr-com usai buka puasa bersama di Masjid Al-Kautsar Polda Metro Jaya, Jumat (22/3/2024).


Karyoto menegaskan,pemudik, bisa titip motor di kantor polisi,alur pengamanan Lebaran tahun 2024 ini tidak akan berbeda jauh dari tahun sebelumnya,pihaknya juga akan menyediakan penitipan kendaraan di polsek setempat. 


Karyoto mengatakan, masyarakat yang mau mudik bisa menitipkan kendaraan mereka di kantor polisi, hal tersebut,itu dilakukan untuk menghindari pencurian saat ditinggalkan para pemiliknya.


"Tempat-tempat kami mulai akan perintahkan pada kapolsek-kapolres untuk menyediakan tempat penitipan, itu yang pertama. Sepeda motor sehingga nanti manajemennya akan lebih bagus. Jangan sampai masyarakat yang pulang kampung menitipkan di kantor polisi malah tidak aman," tegas Karyoto


Puncak arus mudik diprediksi 5 April 2024,saran Polisi ke pemudik. Selain itu, pihak kepolisian akan melakukan patroli di rumah-rumah kosong. Patroli akan berjalan intensif untuk mencegah terjadinya pencurian atau pembobolan rumah kosong yang ditinggalkan pemudik.


Yang, jelas ada rumah-rumah kosong.kami lebih mengedepankan sistem keamanan lingkungan. Kami dari petugas hanya akan melakukan patroli, diintensifkan. Ya kita bisa melihat memang namanya pencurian ada niat tidak baik, pasti sudah gambar-gambar," tutur Karyoto


Karyoto menyebutkan, skema arus lalu lintas saat masa arus mudik ataupun arus balik juga turut disiapkan,namun belum merinci skema yang akan diterapkan nantinya.


Lebih lanjut, Karyoto,mengimbau masyarakat untuk melakukan mudik sesuai anjuran pemerintah, dan mewanti-wanti pemudik untuk menyiapkan semua hal sebelum melakukan perjalanan.


"Yang jelas kami mengimbau ke masyarakat, ini sudah hari ke-11 ya, mungkin di hari ke-20 sekian sudah mulai persiapan, kalau mau mudik, mudiklah yang baik dengan persiapan yang baik. Kendaraan yang sehat, roda-roda jangan sampai gundul," imbuhnya Karyoto


Juga tentunya dengan Program Pak Jokowi, Tol yang luar biasa, mungkin kepadatan sudah bisa terurai lebih dari tahun yang lalu. Kalau tahun yang lalu kita dapat apresiasi masyarakat. Mudah-mudahan tahun ini bisa mempertahankan dan bisa lebih baik, lebih lancar, dan yang paling penting, jangan sampai kecelakaan lalu lintas lebih tinggi dari tahun yang lalu," jelasnya Karyoto. (Suyanto)

close