Yamantab Lawan Sampah Plastik, PTAR Dukung Upaya Merawat Bumi

Iklan Semua Halaman

.

Yamantab Lawan Sampah Plastik, PTAR Dukung Upaya Merawat Bumi

Staff Redaksi Banten
Senin, 22 April 2024


TAPTENG  | MEDIA-DPR.COM. Yayasan Masyarakat Penjaga Pantai Barat (Yamantab) merayakan Hari Bumi (Earth Day) dengan mengangkat tema "Pantai Barat Sumut Melawan Plastik”. 


Kegiatan yang digelar di Pantai Indah Pandan (PIP), Tapanuli Tengah, Senin (22/4/2024), ditandai dengan aksi pembersihan pantai dari segala bentuk sampah.


Direktur Bank Sampah Yamantab (BSY), Damai Mendrofa, mengatakan, salah satu aspek penting dari peringatan hari Bumi adalah peningkatan kesadaran akan isu-isu lingkungan, dan realisasi langkah positif yang dapat diambil untuk mengatasi tantangan dalam melindungi bumi. Sebagaimana tema yang diusung, pihaknya menyoroti penggunaan plastik yang berdampak negatif terhadap lingkungan


"Hari Bumi merupakan momentum untuk merefleksikan dampak dari kegiatan manusia terhadap planet yang kita tinggali. Dengan perubahan iklim yang signifikan dan punahnya keanekaragaman hayati yang terus berlangsung, kita diingatkan akan pentingnya mengubah rutinitas untuk mendukung planet agar lebih sehat," kata Damai. 


Damai menuturkan, di tengah tantangan perubahan iklim global dan kerusakan lingkungan yang semakin memprihatinkan, penting bagi manusia untuk mengambil tindakan kolektif yang berkelanjutan, termasuk meminimalisir penggunaan plastik, terutama plastik sekali pakai


"Penggunaan plastik bisa kita kurangi dengan menggunakan reusable bag atau tas belanja, yang dapat digunakan berulang kali," imbuh Damai.


Sementara itu, Manager Environment, Health, & Safety PT Agincourt Resources, Hari Ananto menyebutkan, Hari Bumi menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran melalui peran-peran aktif dalam melestarikan lingkungan hidup.


"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bank Sampah Yamantab, yang telah menjadi pionir di Tapanuli Tengah, yang peduli pada persoalan sampah terutama sampah plastik," ujarnya.


Hari Ananto berharap, tema “Pantai Barat Sumut Melawan Plastik” tidak hanya sekadar jargon, melainkan menjadi pengingat dan penyemangat untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan. Bahkan kalau bisa mengurangi konsumsi sampah plastik, ketika sedang berpesiar di pantai. 

 

Menurut Hari, PT Agincourt Resources sangat bangga atas aksi-aksi Bank Sampah Yamantab di bidang lingkungan hidup. Penggagas Bank Sampah Yamantab, yakni Damai Mendrofa, pernah menjadi pemenang Martabe Innovation Award pada tahun 2022. Martabe Innovation Award adalah kegiatan rutin untuk mengapresiasi Local Green Warrior atau pejuang di bidang lingkungan hidup dari sekitar area tambang.  


"PTAR selalu berkomitmen dan mendukung penuh upaya-upaya pelestarian lingkungan. Mari menjaga dan merawat bumi, agar tetap lestari," pungkasnya. (Rossy Hutabarat)

close