Artikel Hari Sumpah Pemuda oleh Ketua FKPRM Jatim Agung Santoso

Iklan Semua Halaman

.

Artikel Hari Sumpah Pemuda oleh Ketua FKPRM Jatim Agung Santoso

Staff Redaksi Media DPR
Rabu, 28 Oktober 2020

 


JAWA TIMUR | MEDIA-DPR.COM,  MEMBANGUN KEMBALI KARAKTER BANGSA MELALUI TEMA SUMPAH PEMUDA 2020 👍JEMPOL kita berikan penilaian bukan pujian kepada Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) atas tema Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92 tahun 2020, yakni  BERSATU  DAN BANGKIT.

Penilaian dengan isyarat jempol bisa berbagai sudut pandang yang berbeda tentang tema HSP, bisa jadi baik, bagus , hebat atau bahkan luar biasa jika tema itu di hubungkan dengan kondisi riil saat ini di Indonesia, adanya penolakan tentang omnibus law  dan penanganan pandemi covid-19 yang masih berlangsung di tanah air.



Perkumpulan FKPRM (Forum Komunikasi Pemimpin Redaksi Media) di Jawa Timur yang baru lahir 25 September 2020 yang bersifat independen dalam menyajikan karya jurnalistik tidak ada jejaring dengan Kemenpora apalagi kenal dengan pejabat kemenpora, termasuk Menporanya, Zainudin Amali.


FKPRM memandang perlu membuat artikel dari sebuah tema HSP dari tahun ke tahun yang baru tahun ini di rasa pas dengan sikon di Indonesia.



Kita sudah tahu bahwa SP (Sumpah Pemuda) itu lahir 28 Oktober 1928, kita sudah biasa setiap tahun di seluruh Indonesia akan memperingati HSP dengan pernik-perniknya.


Namun yang selalu kita pertanyakan sampai sejauh mana tema HSP berdampak pada perkembangan saat ini, jangan sekedar seremonial apalagi fokus menghabiskan anggaran agar terserap tanpa ada manfaat bagi semua elemen, khususnya pemuda.


BERSATU
Kembali fokus pada tema yang diangkat oleh Pemerintah dalam hal ini Kemenpora yakni BERSATU  DAN BANGKIT.

Penolakan omnibus law yang masih berlangsung saat ini di berbagai penjuru di tanah air disikapi oleh Kemenpora dengan BERSATU.


Artinya penolakan dengan bentuk konkrit sebuah demo yang juga banyak dari unsur pemuda, di harapkan terus menjaga semangat persatuan, jangan sampai terpecah belah persatuan

Menurut FKPRM  bisa dimungkinkan adu pihak - pihak tertentu yang memanfaatkan situasi untuk adu domba.


Bahkan yang lebih 
berbahaya mengumbar informasi bohong (hoax) dan foto- foto yang radikal dengan tujuan menaikkan suhu suasana yang kondusif menjadi gaduh bahkan menginginkan kacau balau.

BANGKIT

Kata BANGKIT, yang menjadi sambungan dari tema BERSATU DAN BANGKIT dari Kemenpora.

FKPRM mengambil sikon di Indonesia yang hampir 7 bulan kita menghadapi pandemi covid-19.


Saatnya mulai berubah untuk BANGKIT dari zona oranye menuju kuning, selanjutnya di pacu lagi dari zona kuning menuju zona  hijau.


Mulai bangkit untuk aktivita perekonomian, kebudayaan, sosial, pariwisata, pendidikan namun tetap memegang teguh protokol kesehatan.


Agar roda kehidupan kembali berputar normal sedikit demi sedikit.

Tidak ada rasa takut jberaktivitas, tidak rasa berkomunikasi , tidak ada rasa takut berinteraksi dengan siapapun juga.


Bangkit dari keterpurukan, bangkit dari masalah lilitan ekonomi, bangkit dari rasa ketakutan yang berlebihan.***

close