Pentingnya Wawasan Kebangsaan Dalam Menumbuhkan Ketahanan Nasional di Tengah Pendemi

Iklan Semua Halaman

.

Pentingnya Wawasan Kebangsaan Dalam Menumbuhkan Ketahanan Nasional di Tengah Pendemi

Media DPR
Minggu, 08 November 2020

 

 

YOGYAKARTA | MEDIA-DPR.COM,  Divisi Humas Polri menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mengusung tema 'Makna Penting Wawasan Kebangsaan Dalam Menumbuhkan Ketahanan Nasional di Tengah Pandemi' FGD tersebut menghadirkan beberapa pembicara, Sabtu (7/11) di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW).

Beberapa pembicara diantaranya adalah Kadivhumas Polri Irjen Pol. R.Prabowo Argo Yuwono, S.I.K., Kesbangpol DIY Joko Nuryanto, Dosen Fakultas Kependidikan dan Humaniora UKDW Dra. Endah Setyowati, M.Si., MA., serta dosen Fisipol UGM Dr. Dafri Agussalim, MA., dan dipandu oleh moderator Fristian Greic.

 

Diawali dengan sambutan oleh Rektor UKDW Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D., FGD tersebut diselenggarakan dengan tatap muka yang mengacu pada protokol kesehatan. Sementara itu pada kesempatan yang sama, FGD juga dikuti oleh peserta secara daring/ webinar dengan kata lain kegiatan ini dilangsungkan secara offline dan online.

Secara online, kegiatan FGD berlangsung menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting dan disiarkan oleh Tribrata TV dan beberapa radio di Jogja.


 

Rektor UKDW dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Polri atas terselenggaranya acara ini. "Makin relevan bagi kita semua di tengah pandemi ini dibutuhkan kebersamaan untuk saling membantu. Berbincang dan bersama-sama berjalan menghadapi masa pandemi ini untuk memulihkan keadaan dan perekonomian demi kesejahteraan masyarakat bersama," tuturnya dalam sambutan.

Sementara itu Kadivhumas Polri menyampaikan bahwa persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara harus diutamakan. "Wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya. Persatuan yang merupakan kunci dalam wawasan kebangsaan guna mewujudkan ketahanan di masa pandemi ini baik ketahanan sosial maupun ekonomi," ungkapnya kepada seluruh peserta FGD.




Selama pelaksanaan FGD, baik peserta maupun panitia tetap mengedepankan protokol kesehatan. Sebelum memasuki ruangan, seluruh panitia dan peserta yang hadir secara offline melaksanakan rapid test terlebih dahulu. Sementara itu penempatan tempat duduk di dalam ruangan juga ditata dengan jarak 1-2 meter.(LAG)

close
Info Pasang Iklan