PELAKU PENEMBAKAN SATPAM PT PKM MENYERAHKAN DIRI KE POLRI

Iklan Semua Halaman

.

PELAKU PENEMBAKAN SATPAM PT PKM MENYERAHKAN DIRI KE POLRI

Staff Redaksi Media DPR Jambi
Minggu, 07 November 2021


SAROLANGUN | MEDIA-DPR.COM,  Jajaran aparat kepolisian Polda Jambi dan Polres Sarolangun 7 NOVEMBER 2021 dengan dibantu temenggung adat SAD Kecamatan Air Hitam, dan tokoh masyarakat berikut perangkat desa di Kecamatan Air Hitam, berhasil membujuk pelaku penembakan satpam di PT Primatama Kreasi Mas (PT PKM) yang terjadi pada Jumat, 29 Nopember 2021 untuk menyerahkan diri kepada pihak kepolisian. 


Petugas kepolisian Polda Jambi dan Polres Sarolangun telah berhasil mengidentifikasi pelaku penembakan kurang dari 1x24 jam setelah kejadiannya. Namun karena pertimbangan kondisi kamtibmas di wilayah Kecamatan Air Hitam, maka pihak kepolisian menempuh cara persuasif untuk menghadirkan tersangka/pelaku penembakan. Pihak kepolisian melakukan pendekatan secara intens kepada seluruh elemen masyarakat, baik yang warga SAD maupun masyarakat desa/dusun. 


Pendekatan bertujuan untuk seluruh elemen masyarakat Kecamatan Air Hitam tetap bersama-sama menjaga situasi kamtibmas kondusif pasca terjadinya konflik antara masyarakat desa/dusun dengan warga SAD. Sesuai dengan hasil rapat kesepakatan bersama masyarakat Kecamatan Air Hitam dengan para temenggung SAD, salah satu poinnya adalah diserahkannya pelaku penembakan kepada pihak kepolisian sebelum memulai langkah berikutnya untuk tahapan pemulihan pasca konflik dengan penyelesaian secara hukum adat maupun hukum negara. 


Hari ini pada sekitar pukul 09.00 wib, diperoleh informasi dari salah seorang temenggung SAD (Temenggung Melayu Tuo) bahwa telah bersedia datang 2 (dua) orang warga SAD dari kelompoknya yang hendak menyerahkan diri kepada pihak kepolisian karena sebagai pelaku penembakan satpam di PT PKM yang telah terjadi pada 29 Oktober 2021. Kedua pelaku yang menyerahkan diri dijemput secara langsung oleh Kapolsek Air Hitam (Iptu Yurizal), Wadir Krimum Polda Jambi (AKBP Tri Saksono), dan Wadir Intel Polda Jambi (AKBP Syafi’I Bagus Santoso di Dusun Selentik, Kecamatan Air Hitam. 


Adapun identitas pelaku yang menyerahkan diri adalah BSL dan BSYG. Keduanya berasal dari kelompok SAD di Lubuk Jering (Kecamatan Air Hitam ). Saat ini keduanya sedang dalam pemeriksaan penyidik Polda Jambi dan Polres Sarolangun dengan didampingi dari WARSI. Sampai saat ini pemeriksaan masih berlangsung dan pihak kepolisian belum memberikan keterangan secara resmi kepada pihak pers. 


Secara terpisah pihak WARSI berharap pihak kepolisian akan benar dapat memberikan jaminan keselamatan bagi warga SAD yang ada di Kecamatan Air Hitam dan proses penyidikan terhadap pelaku penembakan dilakukan secara profesional sesuai aturan hukum yang berlaku, baik hukum adat maupun hukum negara.

(Pasaribu).

close