Yonkes TNI AU Berikan Layanan Kesehatan Kepada Korban Gempa Sulbar

Iklan Semua Halaman

.

Yonkes TNI AU Berikan Layanan Kesehatan Kepada Korban Gempa Sulbar

Staff Redaksi Media DPR
Sabtu, 23 Januari 2021


MAMUJU SULAWESI BARAT | MEDIA-DPR.COM, Aksi cepat tanggap yang dilakukan Batalyon Kesehatan (Yonkes) Denma Mabes TNI AU  untuk terjun langsung merawat  korban terdampak bencana alam gempa, sangat berarti bagi warga masyarakat, khususnya masyarakat Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (22/01/2021).

Kapten Kes Lim Friendly Suman Sitorus, S. Farm selaku Danki Matkes Yonkes Denma Mabes TNI AU, menyampaikan pada hari ini Yonkes Denma Mabes TNI AU  telah merawat sebanyak 108 pasien yang berada di 4 dusun yaitu di Dusun Base, Dusun Sallu Sallu, Dusun Tapalang, dan Dusun Sumare.

"Kami juga berkolaborasi dengan IDAI Kalimantan Selatan membagikan susu menggunakan mobil off-road , karena medan yang rusak sehingga tidak bisa dilalui kendaraan biasa," ujar Kapten Kes Lim Friendly Sitorus.



Lebih lanjut, ia menyampaikan pada hari ini, kami juga mendapatkan perintah dari Satgas Gulben Sulbar untuk mendirikan tenda kesehatan di daerah Dusun Tapalang, menurut informasi di dusun tersebut terdapat 1800 pengungsi, hal ini sangat mendesak untuk memberikan layanan kesehatan, dikarenakan memang belum ada pos kesehatan di daerah tersebut.

Adapun saat ini Yonkes Denma Mabes TNI AU  mengirimkan 15 orang tenaga kesehatan ke daerah Mamuju Sulawesi Barat dengan komposisi tiga orang dokter, satu orang apoteker, 11 orang perawat.

Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di daerah bencana juga tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. (AS)

close