IDA PANDITA MPU NABE WIDYA KERTHI, PUPUT PAWINTENAN PINANDITA DI PASRAMAN KENCANA SARI PENGELATAN

Iklan Semua Halaman

.

IDA PANDITA MPU NABE WIDYA KERTHI, PUPUT PAWINTENAN PINANDITA DI PASRAMAN KENCANA SARI PENGELATAN

Media DPR
Rabu, 30 Desember 2020

 


BULELENG-BALI | MEDIA-DPR.COM , Pasraman Kencana Sari Penglatan melaksanakan Pewintenan Pinandita (Pemangku) terhadap 14 pasang Jro Mangku Lanang-Istri pada saat purnama kepitu, Wuku Ugu.  Selasa (29/12/2020). 


Ida Pandita Mpu Nabe Widya Kerthi Griya Kencana Sari Penglatan, yang mewinten ke 14 pasang jro mangku lanang istri ini berasal dari beberapa Desa, termasuk ada yang dari luar Kabupaten, seperti dari Tabanan dan Karangasem. 



Sisya (Siswa) angkatan ke 4 ini, telah mengikuti pendidikan kepemangkuan selama 1 tahun di Pasraman Kencana Sari Penglatan, mereka merasa sangat terkesan akan pewintenan tersebut. termasuk seorang ilmuwan yang juga sebagai dosen Bahasa Inggris di Universitas Ganesha Singaraja, Prof I nyoman Adi jaya putra yang berasal dari Tabanan yang juga ikut melakukan Pewintenan KePinanditaan. 


Saat melakukan Upacara Pewintenan Pinandita, dihadiri oleh PHDI dari masing-masing Desa Pemilet dan Kelian Adat sebagai saksi dalam Upacara Pewintenan. 


Pada upacara tersebut dibantu oleh Ida Pandita Mpu Widya Tanaya Kerthi dari Griya Gitgit Sukasada, nanaknya dari Ida Pandita Mpu Nabe Widya Kerthi.


Rangkaian Upacara di mulai dari Pebia kawonan, Peguntingan, mepetik, merajah dan metapak dilaksanakan oleh Ida Mpu Nabe, sedangkan Peguntingan,mepetik dan merajah dilaksanakan oleh Ida Pandita Mpu Widya Tanaya Kerthi saking griya Gitgit.


Setelah rangkaian Upacara Pewintenan KePinanditaan selesai. Ida Pandita Mpu Nabe Widya Kerthi menyerahkan Sertifikat Kepemangkuan sebagai tanda SAH menjadi Jro mangku. 


Jro Nyoman Suarta yang mendampingi Ida Pandita Mpu Nabe Widya Kerthi saat melaksanakan Upacara Pawintenan menyampaikan, "Rangkaian prosesi upacara pewintenan ini diselenggrakan secara sederhana dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan di musim Pandemi ini". ucap Jro Nyoman Suarta yang juga sebagai Bendahara di Dekorda Puskor Hindunesia Kabupaten Buleleng. (Sdn/Sumber)

close
Info Pasang Iklan