BANSER ( BARISAN ANSOR SERBAGUNA) CIREBON, SERBU SLANGIT BERBENAH AKIBAT BENCANA PUTING BELIUNG

Iklan Semua Halaman

.

BANSER ( BARISAN ANSOR SERBAGUNA) CIREBON, SERBU SLANGIT BERBENAH AKIBAT BENCANA PUTING BELIUNG

Media DPR
Senin, 04 Januari 2021

  


JAWA BARAT | MEDIA-DPR.COM, Minggu, (03 Januari 2021),  para kader Banser yang sudah mengikuti Kursus Banser Lanjutan ( Susbalan), melakukan tanggap bencana di desa Slangit yang terdampak Puting Beliung hari Sabtu kemarin pukul 17.30.

Desa Slangit itu sendiri termasuk dalam wilayah Kec. Klangenan Kab. Cirebon dengan mayoritas penduduknya adalah petani dan pedagang. 



Bukan saja rumah warga,  ada banyak bangunan sekolah,  masjid dan musholla yang rusak akibat bencana alam Puting Beliung. 

Sejak hari sabtu saat kejadian berlangsung, PC Ansor Kab. Cirebon mengintruksikan kepada pasukannya yaitu Banser untuk turun ke lokasi bencana.

Banser ( Barisan Ansor Serbaguna)  itu sendiri sudah sering melakukan kegiatan yang bersifat tanggap bencana dan kegiatan kemanusiaan lainnya. 



Banser dibantu oleh Fatser dan Muslimat NU desa setempat,  berupaya memberikan yang terbaik untuk membantu tanpa meminta imbalan apapun. Membenahi infrastruktur tempat ibadah,  madrasah dan tempat pasilitas umum lainnya. Sedangkan Fatser dan Muslimat ikut menyediakan dapur umum. 

Klinik NU berperan menyediakan obat-obatan dan pelayanan kesehatan bagi warga yang terluka akibat bencana alam Puting Beliung di desa Slangit dan sekitarnya. Hadir pula dari PMI dan Ormas lainnya dalam membantu   menyelesaikan tugas kemanusiaan. 

Ansor melalui Bansernya terus berjibaku dalam memperbaiki kondisi pemukiman warga dengan merapihkan genteng bangunan,  merapihkan puing,  membersihkan tempat ibadah dan bahkan ikut membangun kembali bangunan yang roboh. 

"Ini adalah bakti kami untuk negeri,  NU melalui Banser,  Fatser dan Banom lainnya bersama sama ikut peran untuk meringankan beban masyarakat bersama TNI dan POLRI, " ujar Komarudin saat ditemui redaksi DPR. COM tadi pagi.(03/01/2021). 

Untuk pemulihan kondisi desa Slangit akan memakan waktu lebih dari satu minggu, Ansor,  Banser, Banom lainnya, serta ormas yang ikut peran dalam pemulihan bersama-sama. 

"Insyallah Ansor,  Banser dan yang lainnya, akan hadir disetiap kejadian bencana alam yang menimpa warga,  baik Cirebon dan di kota lainnya, " tambah Komarudin. (03/01/2021). 

Disini kita bisa melihat bahwa NU melalui Banomnya seperti Barisan Ansor Serbaguna  (Banser)  dan Fatser ( Fatayat Serbaguna), bekerja nyata untuk membantu masyarakat yang tengah dilanda bencana alam. Dan semoga pengabdian NU untuk bangsa ini, akan memperkuat ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah dan Insaniyah dalam balutan NKRI. 

(mam/red)

close
Info Pasang Iklan