Satika Simamora : Cintailah Siswamu Seperti Anak Kandung

Iklan Semua Halaman

.

Satika Simamora : Cintailah Siswamu Seperti Anak Kandung

Staff Redaksi Banten
Minggu, 26 November 2023

TAPUT | MEDIA-DPR.COM. Bunda PAUD menjadi figure ibu yang sensitif untuk anak sehat dan Generasi Emas di 2045. Cintailah seluruh anak-anak usia dini sebesar cintamu kepada anak kandungmu sendiri.


Sebagai Istri Kepala Desa diposisi sentral sebagai seorang Ibu yang perannya harus sensitif terhadap hal hal yang mengacu kepada perkembangan anak di desa masing- masing untuk melahirkan generasi Indonesia yang unggul di masa depan,.


Hal itu dikatakan Bunda PAUD Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora SE MM usai melantik 14 Bunda PAUD Kecamatan dan 213 Bunda PAUD Desa se-Taput Periode 2023-2024, di Sopo Partungkoan Tarutung, Jum'at (24/11/2023).


Lebih lanjut dikatakan, "Peran Bunda PAUD sebagai simbol yang artinya Tokoh Sentral, dimana kita sudah menjadi sosok atau tokoh yang menjadi panutan di lingkungan kita" Ujarnya.


"Konsep PAUD yang benar adalah mengenalkan anak-anak bagaimana belajar sambil bermain itu juga terlahir dari anak yang sehat dan nutrisi yang cukup," Sambungnya.


"Selamat untuk Bunda PAUD yang sudah dilantik hari ini, dengan dilantiknya kita hari ini, kita dituntut untuk menjadi sosok panutan yang mampu mengayomi anak anak di lingkungan kita seperti anak sendiri," Katanya.


"Bagaimana masyarakat kita juga senang dengan kehadiran terlihat dari perbuatan kita. Membangun komunikasi dari pemangku kepentingan, tokoh masyarakat, pelayanan gereja dan pelayanan public yang ada di lingkungan kita," ungkap Satika.


Untuk itu anak harus sehat dan dapat bermain sambil belajar agar anak juga mendapat mental yang baik.  


"Maka tugas Bunda PAUD pastikan semua anak-anak di desa kita untuk hidup sehat nutrisi cukup. Itu tugas seorang ibu harus sensitif melihat anak-anak di Desa mengenai kesehatan dan mencari solusi untuk kebaikan anak anak di desa," Paparnya.


"Kita Yang dipilih oleh Pemerintah harus mampu memanfaatkan kesempatan itu dengan menebar kasih dan cinta kepada semua orang, terutama anak-anak di lingkungan kita," Pungkasnya.


Tugas Bunda Paud di Desa ada lima, yaitu sebagai pengembangan motivasi, penanaman dasar-dasar keimanan. pembentukan dan pembiasan perilaku, pengembangan pengetahuan dan keterampilan dan pengembangan potensi. 


Untuk mencapai generasi emas 2045 kita harus mampu membuat generasi yang sehat dan bernutrisi dengan mengacu kepada lima point penting tersebut. 


Semoga yang kita cita-citakan hari ini mampu membawa hasil yg baik untuk paud yang baik dan berkualitas," ucap Bahal Simanjuntak mewakili Bupati Taput.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Taput, Bontor Hutasoit, sambutannya ucapan selamat kepada seluruh Bunda PAUD yang telah dilantik hari ini. 


“Bunda PAUD perlu menindaklanjuti segala arahan dan 10 program demi kemajuan Pendidikan di Taput, khususnya Program ‘Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan’, Ujarnya.


"Karena anak PAUD tidak perlu lagi dibebankan dengan ilmu pengetahuan yang mengharuskan membaca, menulis dan berhitung (Calistung)," Imbuhnya.


"etapi mereka harus diberi ilmu pra membaca, pra menulis dan pra berhitung, itu yang kita harapkan layanan Pendidikan dan layanan pengasuhan dan layanan perlindungan, layanan kesejahteraan dan layanan Kesehatan," Tandasnya.


Turut hadir Lurah dan Kepala Desa se-Taput, Tokoh pemerhati pendidikan, Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia(IGTKI) dan pengurus Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia.(Rossy)

close