Akhirnya, Warga Kecamatan Sipaholon Dapat Menikmati Air Bersih

Iklan Semua Halaman

.

Akhirnya, Warga Kecamatan Sipaholon Dapat Menikmati Air Bersih

Staff Redaksi Banten
Jumat, 22 Desember 2023

TAPTENG | MEDIA-DPR.COM. Akhir masa jabatan, Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat khususnya penyediaan sarana air bersih. 


Setelah melewati kerja yang tidak mudah, mengingat lanjutan pembangunan sumber  air baku yang telah selesai sempat terhenti karena ketidak ketersediaan anggaran.


Bolak balik ke Dirjen Cipta Karya memohon Bantuan, akhirnya membuahkan hasil. Nikson Nababan meresmikan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon, Jumat (22/12/2023).


Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara  menggunakan Pagu Anggaran sebesar Rp. 42.000.000.000 (Empat Puluh Dua Milliar Rupiah) dengan debit 50 liter per detik.


Pada Tahun 2021, pembangunan sumber air baku untuk menambah debit untuk Kota Tarutung dan sekitarnya oleh Pemerintah Pusat melalui Balai Wilayah Sungai II Sumatera Kementerian PUPR telah melakukan pembangunan untuk SPAM Tarutung yang sumber airnya dari Aek Butar.


Sehingga pada Bulan Agustus 2022, Kementerian PUPR, Dirjen Cipta Karya melalui Balai Perumahan dan Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara melakukan penandatangan kontrak kerja dengan multiyears.


"Ini semua tidak terlepas dari dukungan anggota DPR-RI Sukur Nababan dari fraksi PDI Perjuangan. Tidak hanya masalah SPAM saja termasuk juga bedah rumah dan sebagainya," Sebutnya.


"Kita patut berterimakasih yang setinggi-tingginya kepada beliau, putra daerah Tapanuli Utara ikut membangun bona pasogit" Imbuhnya.


Bupati menghimbau agar masyarakat bergandeng tangan dalam saling menjaga sinergitas dan kerukunan dalam membangun Tapanuli Utara.


"Mari kita segenap masyarakat, bergandeng tangan saling menjaga sinergitas dan kerukunan dalam membangun Taput yang kita banggakan ini dan kita juga bersama-sama menjaga dan merawat segala fasilitas yang telah kita bangun" Himbaunya. 


"Terima kasih kepada teman-teman BWS yang sudah mendampingi kita, kami tetap berharap kerjasamanya senantiasa terjalin dengan baik,” Imbuhnya. 


Dalam laporannya, Direktur Perumda Mual Na Tio Lamtagon Manalu, S.Si.MSP melaporkan Launcing Pemanfaatan Pembangunan SPAM Tarutung.


Ia katakan "Selama ini  sudah dialirkan dari IPA Aek Butar Ke Reservoir R2 sepanjang 15 KM ke Pipa Transmisi Di Kota Tarutung dan Siatas Barita. Air telah mengalir di Sipoholon, Tarutung dan Siatas Barita.  Wilayah Aek Ristop yang selama ini sangat rawan sekarang sudah mendapatkan air" Ungkapnya. 


"Kedepan akan dilakukan penyempurnaan untuk melihat seperti apa kuantitas dan kualitas air yang didistribusikan dari hasil pembanguan SPAM dengan melakukan konekting terhadap eksisting yang sudah ada, sehingga pelanggan Perumda Mual Na Tio di tiga Wilayah Kecamatan akan mendapatkan air" jelas Lamtangon. 


Turut dihadiri Sekretaris Daerah, perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatera II Buha Tambunan dan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Utara BPPW Steven Anderson, Pimpinan OPD, Karyawan dan Keluarga Perumda Mual Na Tio, Camat Tarutung, Siatas Barita, Sipoholon dan Warga Masyarakat.


Tokoh Masyarakat Situmeang Habinsaran Jawara Situmeang mengucapkan "Terimakasih banyak kepada Bupati Nikson Nababan atas perjuangan panjang mendapatkan pembangunan air minum sehingga Masyarakat Sipoholon dapat mendapatkan air bersih dan berharap bisa dikelola dengan baik" Tandasnya. (Rossy)

close