Kapolda Jatim: Observasi dan Rehabilitasi di Gresik Serta Kapolres Cek 3T Wilayahnya Wujud Percepatan Tangani Covid-19

Iklan Semua Halaman

.

Kapolda Jatim: Observasi dan Rehabilitasi di Gresik Serta Kapolres Cek 3T Wilayahnya Wujud Percepatan Tangani Covid-19

Staff Redaksi Media DPR
Minggu, 19 Juli 2020

GRESIK | MEDIA-DPR.COM, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran, M.Si didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, serta Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, melakukan peninjauan pondok Rahabilitasi dan Observasi pasien covid19 di Lapangan Joko Samudro, Kabupaten Gresik, Minggu sore (19/7/2020).

Jumlah bed yang disediakan di Stadion Jogo Samudro Kabupaten Gresik oleh Bupati Kabupaten Gresik sebanyak 140 bad untuk rehabilitasi pasien covid19. Sementara untuk rinciannya sendiri, untuk zona merah disiapkan sebanyak 80 bad, zona kuning disiapkan 40 bad dan untuk zona hijau disiapkan 20 bad.

Selain menyiapkan bad untuk pasien terkonfirmasi positif covid19, di pondok rehabilitasi dan observasi di stadion jogo samudro ini juga disiapkan tenaga medis. Baik dokter maupun perawat, selain itu juga disiapkan CCTV untuk memantau segala aktifitas pasien covid19 selama dilakukan perawatan.

Kapolda Jawa Timur menyebutkan, bahwa 
Pemerintah daerah harus dengan cepat melakukan penanganan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi positif. Dipastikan dengan cepat mendapatkan treantment. Dengan segera dipisahkan dengan yang sehat sehingga tidak menjadi titik penularan.

"Nantinya 3 pilar, lurah/kades, Babinkantibmas dan Babinsa yang berbasis kampung tangguh menjaring semuanya. Hal itu sebagai upaya yang bisa dilakukan, sinergi yang dikerjakan dari hulu ke hilir," kata Kapolda Jatim, saat meninjau pondok Rehabilitasi dan Observasi, Minggu sore (19/7/2020).

Kapolda menambahkan, bagi yang bergejala ringan atau tanpa gejala segera cepat dipisahkan dari masyarakat yang sehat, sehingga pondok rehabilitasi dan observasi ini sebagai solusi. 

"Intinya pasien yang datang kesini (pondok rehabilitasi dan observasi) harus nyaman, agar imun terus naik dan agar tidak ada beban. Dan hal ini sudah diikuti oleh Kabupaten/Kota yang lain, sehingga angka kematian bisa ditekan dan angka kesembuhan terus meningkat, tambah Kapolda.

Seiring dengan perintah saya agar Kapolres - kapolres di Jawa Timur bersama dengan Dandim, Kapolsek dan Danramil,  Babinkantibmas dan Babinsa bisa turun ke tingkat paling bawah dan melakukan pendataan secara masif, selain itu tidak hanya melakukan pendataan saja, melainkan juga melakukan 3T (testimg, tracing, treatment), pungkasnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, apa yang dilakukan oleh Bupati Gresik ini cukup baik, inisiasi ini sangat luar biasa menyiapkan pondok rehabilitasi dan observasi di stadion jogo samudro. Untuk masyarakat yang terkonfirmasi positif covid19, serta menyiapkan ruang dengan zona merah, hijau dan kuning.

"Saya sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Bupati Gresik, dengan inisiasi menyiapkan pondok rehabilitasi dan observasi ini sangat luar biasa untuk merawat masyarakat yang terkonfirmasi positif covid19," ucap Khofifah, saat mengunjungi pondok rehabilitasi dan observasi di Kabupaten Gresik. (Red)
close