Perhimpunan Ajudan Profesional Indonesia (PAPI), Gelar Pelatihan “Ajudan/ ADC”

Iklan Semua Halaman

.

Perhimpunan Ajudan Profesional Indonesia (PAPI), Gelar Pelatihan “Ajudan/ ADC”

Media DPR
Kamis, 05 November 2020

 


 

BANDUNG | MEDIA-DPR.COM, Kesibukan pekerjaan, padatnya jadwal kegiatan, janji – janji pertemuan, menerima atau mengirimkan pesan, dan berbagai aktivitas lainnya telah mewarnai kehidupan sehari – hari para orang penting, baik para pengusaha, selebriti, pejabat, dan lain – lain. Dengan kesibukan tersebut, maka terbuka ruang lapangan kerja yang luas bagi orang – orang yang memiliki keahlian sebagai Ajudan / ADC atau Sekeretaris Pribadi. Namun demikian keterampilan spesifik ini tidak mudah didapatkan karena sangat jarang, lembaga pendidikan yang menawarkan pelatihan untuk membuka wawasan dan pengetahuan serta mengasah keterampilan keajudanan. Kalaupun ada, biasanya biayanya mahal dan waktunya lama, sehingga tentu menyulitkan bagi mereka yang memiliki minat tetapi tidak memiliki biaya dan keterbatasan waktu. Oleh karena itu, dengan kesadaran moral Persatuan Ajudan Profesional Indonesia (PAPI) akan menyelenggarakan Pelatihan Ajudan/ ADC (Aides de Camp) ini. Apalagi kebutuhan tenaga profesional ajudan saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh pejabat pemerintahan saja, melainkan banyak pimpinan swasta pun yang sangat membutuhkannya. Bandung, Rabu (4/11).

Program ini akan mencetak para Ajudan berkualitas yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan di bidang pengamanan, keprotokolan dan keajudanan serta membentuk perilaku yang berkepribadian dalam mendukung pekerjaan dan tanggung jawab pimpinannya. Seorang ajudan tidaklah cukup hanya dengan berbekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan saja, tetapi yang terpenting adalah bagaimana dia bisa memaknai setiap tugas sekecil apapun yang menjadi tanggung jawabnya. Oleh karena itu seorang Ajudan yang hebat harus memiliki kemampuan aspek kepribadian,intelektual, dan jasmani. Kemampuan menjawab panggilan telepon secara sopan, membuat catatan, menjadwalkan pertemuan, mengirim email, mengirim pesan teks, menjaga kerahasiaan pimpinan dan lain – lain. 



Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan untuk mencetak Ajudan handal yang menguasai manajemen waktu, mengatur kegiatan harian, menjadwal pertemuan, korespondensi, membuat catatan – catatan penting, dan memegang teguh rahasia  pimpinan. Hasilnya tentu akan sangat bermanfaat, karena akan tersedia para ajudan yan terlatih dan terdidik dengan standar profesi keajudanan sehingga mampu mengamankan dan menjaga kerahasiaan pimpinan, serta mendukung kelancaran tugas – tugas pimpinan.

Adapun materi atau silabus yang dibahas dalam pelatihan ini adalah :
- Kenali Siapa Pimpinanmu
- Memahami Ruang Lingkup dan Tanggung jawab Keajudanan
- Persyaratan Seorang Ajudan
(Kecerdasan, Kesemaptaan, Kerapihan, Kebersihan dan Kesigapan)

- Psikologi Keajudanan (Menjaga Dokumen Rahasia Pimpinan)
- Pengaturan Rencana dan Jadwal Pimpinan
- Pengarsipan Dokumen Umum, Khusus dan Rahasia
- Memberikan Bantuan Umum
(Persiapan Presentasi, Menyaring Telepon dan Membuat Janji)
- Membuat Laporan Umum, Khusus dan Rahasia
- Koordinasi dan Kecakapan Lintas Fungsi
- UJIAN TULIS dan UJIAN WAWANCARA

 



Dengan menerapkan metode pengajaran orang dewasa, pembahasan materi – materi pelatihan akan mudah dicerna oleh para peserta, sehingga hasilnya akan sangat dirasakan oleh setiap peserta dan tentu akan sangat bermanfaat bagi pimpinan serta institusi atau perusahaan tempatnya mengabdi. Pungkas Ketua Umum PAPI ( Perhimpunan Ajudan Profesional Indonesia ) Dede Farhan Aulawi di Bandung Kepada DPR.COM. ( Topan JP )

close
Info Pasang Iklan