Ikut Rakernas Apeksi 2023, Pemkot Serang Akan Ciptakan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Iklan Semua Halaman

.

Ikut Rakernas Apeksi 2023, Pemkot Serang Akan Ciptakan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

Staff Redaksi Media DPR
Sabtu, 15 Juli 2023

 


MAKASAR | MEDIA-DPR.COM, Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) telah resmi dibuka di Upperhills Convention Center, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (12/07/2023).


Rakernas XVI Apeksi 2023 mengusung tema"Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat", yang dihadiri oleh 88 Wali Kota serta pejabat pemerintahan dari seluruh Indonesia yang akan berlangsung mulai tanggal 10 sampai 14 Juli 2023.


Salah satunya Pemerintah Kota (Pemkot) Serang ikut hadir dalam pelaksanaan Rakernas XVI Apeksi tersebut, saat ditemui Walikota Serang Syafrudin menjelaskan tujuan kegiatan itu sebagai mengawal konsistensi otonomi.


Karena menurutnya pelaksaan Rakernas Apeksi bukan sekedar kegiatan seremonial, bukan sekedar paham kekuasaan dan kewenangan sesuai otoritas, namun juga kewenangan terukur untuk kesejahteraan dan memakmurkan warga.


Syafrudin juga mengatakan pihaknya akan siap menciptakan tata kelola pemerintahan layak yang aman, nyaman, kota hijau yang berketahanan iklim dan bencana, serta kota cerdas yang berdaya saing dan berbasis teknologi.


"Sehingga jika semua dapat berjalan dengan baik dan konsisten, kita semua seluruh Pemerintah Kota se-Indonesia, siap untuk menciptakan tata kelola pemerintahan dan juga Kota layak yang aman dan nyaman, kota hijau yang berketahanan iklim dan bencana, kota cerdas yang berdaya saing dan berbasis teknologi," jelasnya.


Pelaksanaan Rakernas XVI Apeksi 2023, lanjut Syafrudin,  seluruh Pemerintah Kota se-Indonesia harus mengetahui dan mengerti bagaimana cara melakukan pelayanan publik agar dapat terus maksimal dan tidak boleh melemah.


"Serta yang harus tetap diperhatikan, bagaimana agar setiap pemerintah kota dapat terus membranding nama kota masing masing dengan tujuan agar menjadikan kota tidak hanya sebuah lokasi, namun menjadikan kota sebagai tujuan dan tempat dimana manusia dapat tinggal, singgah bahkan terus berkunjung," lanjutnya.


Diketahui, Pembukaan Rakernas Apeksi tersebut dihadiri Sekretaris Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, Ketua Umum Apeksi Bima Arya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) Hajar Diantoro, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulai. (*)

close