Bantuan Langsung Tunai Desa Sosorgonting Tahap Pertama Selesai Dibagikan

Iklan Semua Halaman

.

Bantuan Langsung Tunai Desa Sosorgonting Tahap Pertama Selesai Dibagikan

Staff Redaksi Banten
Jumat, 05 April 2024
Teks photo: Pembagian Bantuan Langsung Tunai Desa Sosorgonting, Tapteng


TAPANULI TENGAH | MEDIA-DPR.COM. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Sosorgonting Kecamatan Andam Dewi Kabupaten Tapanuli Tengah selesai dibagikan kepada warga. 


Kepala Desa Sosorgonting, Alisna Simamora mengatakan jika tahun ini ada 45 keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing menerima sejumlah uang dengan total Rp900 ribu untuk tahap pertama dari Januari hingga Maret yang bersumber dari Dana Desa 2024.


"Pada tahap pertama di tahun 2024 ini, ada 45 KPM yang kami nilai layak sebagai penerima bantuan langsung tunai ini, masing-masing telah menerima sejumlah uang dengan total Rp900 ribu untuk tahap pertama yakni 3 bulan yang bersumber dari Dana Desa 2024 dan telah dilaksanakan di Kantor desa," ujar Kades. 


Ia menegaskan kalau jumlah KPM selalu berubah, karena adanya warga yang sudah meninggal dan tidak memiliki ahli waris ataupun keadaan ekonomi sudah meningkat dan mereka tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari program lain. 


"Jumlah KPM ditentukan melalui musdessus (musyawarah desa khusus) dan setelah kita seleksi, hasilnya terdapat 45 KPM Sosorgonting yang kita anggap paling layak menerima bantuan ini," ujarnya kepada Wartawan, Kamis (4/4/2024).



Alisna berharap agar BLT ini dimanfaatkan oleh warga untuk melengkapi kebutuhan pokok ataupun sebagai tambahan modal usaha, sehingga dapat memberikan dampak positif untuk meningkatkan perekonomian keluarga itu sendiri.


"Mari kita pergunakan sebaik-baiknya, boleh saja jika digunakan untuk membeli kebutuhan pokok rumah, tetapi alangkah baiknya jika dibuat tambahan modal usaha. Dengan demikian tujuan pemberian BLT ini benar-benar berdampak dalam peningkatan ekonomi warga," paparnya. 


Berikut 45 nama penerima Bantuan langsung tunai desa Sosorgonting triwulan pertama yakni Adventresia Pane, Anna Sibarani, Arten Pane, Asmidar Pane, Asrawati Pane, Basaria, Simanullang, Damin Pane, Geletek Bondar, Helena Panjaitan, Hemri Pane, Herlina Sitorus, Jerin Simarmata, Kartini Simanullang, Kastua Situmeang, Lantina Situmeang, Mardin Malau, Marius Simamora.


Ada juga, Mascia Sidabutar, Masni Pane, Mesli Purba, Musliana Batubara, Nantiasa,, Helena Pane, Nurhaida Manalu, Radina Malau, Ramsaida Panjaitan, Raselia Simanullang, Rasmi Tambunan, Resemina Simanullang, Risma Simanjuntak, Rona Purba, Ronson Sigalingging, Rosdiana Barasa, Rosmina Manalu, Rosmina Simatupang, Rostia Situmorang, Sarmauli Panjaitan, Teti Panjaitan, Timsa Sarumpaet, Usteria Sinaga.


Alisna Simamora menjelaskan varian kegiatan pemberdayaan masyarakat bukan hanya ada pada BLT dana Desa, namun juga pemberian insentif Guru PAUD dan Kader Posyandu.


"Karena di desa ini ada kegiatan PAUD dan Posyandu, jadi selain dari pembagian BLT Dana Desa, Pemerintah Desa (Pemdes) juga bagikan insentif Guru PAUD kepada Herlina Sinaga, Node Manullang, terhadap Kader Posyandu yakni Misrawati, Anrika hasugian, Heppy Ardayanti, Nora, Reni sibarani," pungkasnya. (Ben)

close