Seniman Karawitan Tawangmangu Raih Nominasi Penampil Terbaik "Grebek Lawu 2020

Iklan Semua Halaman

Seniman Karawitan Tawangmangu Raih Nominasi Penampil Terbaik "Grebek Lawu 2020

Media DPR
Sabtu, 19 September 2020

 

 

KARANGANYAR BALI | MEDIA-DPR.COM, Bupati Karanganyar H. Juliyatmono didampingi Kepala Disdikbud Drs. Tarsa hadiri penutupan acara Gelar Punokawan Dalam Rangka Grebeg Lawu tahun 2020 yang di gelar secara virtual di studio Kendedes Desa Suruhkalang Kec. Jaten, Jum’at kemarin(18/09).

Mengangkat tema “Seni Kala Pandemi Bugar Walau Virtual ” pagelaran budaya yang memperlombakan Gelar Punokawan ini diikuti oleh 17 kecamatan di kabupaten Karanganyar.

Lomba Gelar Panakawan ini sudah dimulai sejak tanggal 13 dan malam ini puncak acaranya.

"Semua penampil mulai dari tokoh Semar, Gareng, Bagong, Petruk tampil sangat bagus dan mengesankan", kata Diwoso dan Wiji Santoso selaku Juri Festifal Grebeg Lawu 2020 saat dikonfirmasi MEDIA-DPR.COM Biro Karanganyar.

 

” Semua tampilan Punokawan dari 17 korwil kecamatan, juri menilai belum ada dagelan yang sangat mengesankan sisi humornya, namun sudah bagus, ada keistimewaan tersendiri dari masing-masinh tokoh Punokawan penampil”, jelas Diwoso.

"Salah satu yang ada dalam form penilaian adalah pendalaman karakter tokoh, masih ada beberapa tokoh yang belum bisa mendalami karakter yang dimainkan",imbuhnya.

Rincian pemenang festival Gelar Punokawan dalam Grebeg Lawu tahun 2020.



~ Nominasi Punokawan

Semar terbaik : diraih oleh no 3 Sekar korwil colomadu
Bagong terbaik : diraih oleh no 12 Sekar korwil jatiyoso
Gareng terbaik : diraih oleh no 7 Sekar korwil karanganyar
Petruk terbaik : diraih oleh no 4 Sekar korwil Kebakkramat

~ Nominasi Penampil terbaik
Juara 3 diraih oleh Sekar korwil Mojogedang
Juara 2 diraih oleh Sekar korwil Jaten
Juara 1 diraih oleh Sekar korwil Tawangmangu

"Tokoh Ponokawan dalam ilmu manajemen,adalah karakter dalam berkehidupan, ada dalam diri manusia yang dalam pewayangan ada dalam karakter tokoh Punokawan", kata Bupati Karanganyar H.Juliyatmono dalam pidato sambutannya.

Bupati yang akrab disapa Yuli ini juga meminta nanti dalam perayaan hari jadi Kabupaten Karanganyar di bulan November, tokoh Punokawan dari 17 korwil akan ditampilkan sebagai hiburan, puncak acara hari jadi juga Bupati Juliyatmono juga akan mendeklarasikan ” center live of Indonesia ” yang berarti pusat kehidupan di Indonesia ada di Karanganyar, dan akan menggunakan maskot Punokawan sebagai simbolnya.

” Punokawan itu jiwa, karakternya melekat di dalam sifat manusia “, jelas Bupati Juliyatmono.

"Orang punya kreativitas simbolnya ada dalam tokoh Gareng, kalau Petruk itu orang yang punya inisiatif, tokoh Bagong jiwa entrepreneur, dan puncak pemimpin ada di dalam karakter tokoh Semar",pungkasnya.(LAG/JAYENG)

close
Info Pasang Iklan