DPP MOI dan BNPB Bersinergi Tingkatkan Kompetensi Kebencanaan Wartawan Online

Iklan Semua Halaman

.

DPP MOI dan BNPB Bersinergi Tingkatkan Kompetensi Kebencanaan Wartawan Online

Staff Redaksi Media DPR
Jumat, 08 Januari 2021

 


JAKARTA | MEDIA-DPR.COM, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Media Online Indonesia (MOI) telah bersepakat untuk membangun kerjasama sinergis dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam peningkatan kompetensi wartawan media online dalam menulis bidang kebencanaan.


Kesepakatan itu telah dibicarakan sejak lama oleh Ketua Umum MOI, Rudi Sembiring Meliala bersama Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Munardo, namun terpaksan ditunda karena Pendemi Covid-19.



“Setelah Pendemi Civid-19 ini berakhir, sesuai perintah Ketum MOI, kita akan segera mendata wartawan media online dari media-media anggota MOI untuk ikut pelatihan kompetensi penulisan pemberitaan tentang keberncanaan,” ujar Sekjen DPP MOI, HM. Jusuf Rizal didampingi Ketua Harian, Siruaya Utamawan di Jakarta, Jumat (8/1/2021).


Jusuf Rizal yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) menjelaskan, Kepala BNPB Doni Monardo menyambut positif gagasan MOI untuk meningkatkan kompetensi penulisan wartawan media online tentang kebencanaan, sehingga para wartawan lebih paham segala hal tentang kebencanaan sebelum melakukan peliputan dan penulisan.


“Wartawan media online memang perlu diberi banyak informasi agar dalam pemuatan pemberitaan dalam keadaan bencana, tidak membuat masyarakat ikut menjadi panik. Jika pemberitaannya meresahkan itu bisa mempersulit penanggulangannya,” tegas Doni Monardo saat menerima Ketum MOI, Rudi Sembiring beserta jajaran di Kantor BNPB, Jakarta.


Untuk tindak lanjut kerjasama itu, Doni Monardo selaku Kepala BNPB meminta data semua media online anggota MOI yang mau ikut pelatihan guna mempersiapkan teknis pelaksanaan. Adapun tempat pelaksanaannya di Ruang Rapat Kantor BNPB yang cukup luas untuk menampung hingga 200 peserta


Lebih jauh Jusuf Rizal menyampaikan bagi wartawan media online yang tertarik untuk ikut peningkatan kompetensi penulisan berita tentang kebencanaan dapat menghubungi DPP MOI melalui email : monline.indonesia@gmail.com atau Hotline WA Ketua Harian, Siruaya Utamawan di +62 811-110-404. ( Fen/Red )

close