Warga Desa Cihawuk Keluhkan Kekurangan Air Bersih

Iklan Semua Halaman

.

Warga Desa Cihawuk Keluhkan Kekurangan Air Bersih

Staff Redaksi Banten
Selasa, 14 November 2023

KABUPATEN BANDUNG | MEDIA-DPR.COM. Kami atas nama warga Desa Cihawuk ada beberapa keluhan pertama program air bersih tidak ada , kilo meter air atou WM di beli dengan harga Rp .500.000,- (Lima ratus Ribu Rupiah), iuran untuk air selalu dipinta dari mulai Rp. 15.000,- (Lima Belas Ribu Rupiah) sampai Rp. 20.000,- (Dua Puluh Ribu Rupiah)  tiap bulan sekali.


Hal ini disampaikan seorang Warga Desa Cihawuk, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat yang enggan ditulis namanya, Sabtu (11/10/2023).


Masih warga, "Yang kita keluhkan bila terjadi kerusakan paralon yang pecah warga harus mengganti sendiri serta harus iuran lagi sesama warga. Karena perbaikan jarang sama pengelola makanya jadi kacau airnya, memang air suka nyala bertepatan dengan di pungut biaya pemeliharaan per tiap bulan sekali oleh pengelola" Ungkapnya.


"Kalau dari hulu air itu besar tetapi kalau musim kemarau seperti sekarang ini sebagian airnya di duga di alihkan kekebun milik Kades, keluarga dan warga lain sebagian, bahkan ada juga yang disalurkan  ke kolam" Paparnya.


"Padahal program air bersih tersebut bersumber dari DD (Dana Desa) sebesar Rp 200.000.000,- (Dua ratus Juta Rupiah) belum lagi  dulu pertama bangun beda lagi anggarannya yang di kelola oleh BUMDES untuk memenuhi keperluan warga di rumah bukan untuk kebutuhan kebun atau petani" ujar Warga.


"Kami bersama warga yang lain  pernah berupaya menemui pengurus Bumdes dan pihak Desa bukan adanya solusi," tetapi pihak Pemdes menjawab ini mah propokator yang mau mengacaukan dan menyebut lawan politik penghambat pembangunan yang akan menjerumuskan Kades," Sambungnya.


Masih warga menambahkan, "Kami berharap Kades itu bisa  turun ke lapangan jangan sampai Kami di anggap mengada-ngada, intinya Pemdes dan pengurus air bersih bisa memberikan  solusi baik  mencari sumber air lagi dan jangan menuduh yang tidak-tidak" Pungkasnya.


Sampai berita ini tayang Kades Cihawuk dan yang lainnya belum bisa dipinta keterangan. (AS/Red)


Editor: Rossy 

close