Dua Belas Orang Dinyatakan Hilang Akibat Banjir Bandang di Humbahas

Iklan Semua Halaman

.

Dua Belas Orang Dinyatakan Hilang Akibat Banjir Bandang di Humbahas

Staff Redaksi Banten
Sabtu, 02 Desember 2023

HUMBAHAS | MEDIA-DPR.COM. Sebanyak 12 warga dinyatakan hilang setelah banjir bandang dan longsor menerjang kawasan pemukiman di Desa Simangulampe Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan pada Jumat (01/12/2023) malam sekitar pukul 21.30 WIB. 


Bencana tersebut terjadi akibat derasnya hujan malam di Desa tersebut. Mengakibatkan beberapa unit rumah permukiman ikut terdampak rusak Banjir dan longsor. 


Menurut informasi dari saksi bahwa beberapa Korban tertimbun dan dinyatakan hilang di sekitar Permukiman yang terkena dampak.


Pemerintah setempat bersama masyarakat telah melakukan pencarian namun belum ditemukan, hingga informasi diteruskan ke BPBD Humbahas dan melaporkan ke Pos SAR Danau Toba guna meminta bantuan SAR. Ss/hms


Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono, S.E., M.M., mengatakan "Sejak mendapatkan laporan tersebut Basarnas Medan langsung mengerahkan Personel dari Pos SAR Parapat Danau Toba menuju lokasi guna melaksanakan operasi pencarian dengan membawa peralatan mountaineering serta beberapa peralatan pendukung lainnya" Ujarnya.


"Banyaknya material batuan yang diakibatkan banjir bandang dan longsor tersebut sehingga benar-benar menyulitkan tim dalam melakukan pencarian, selain menggunakan excavator" Jelasnya.


"Tim juga harus menggeser secara manual material batuan tersebut untuk membuka akses pencarian di lokasi yang dicurigai posisi keberadaan korban dan hingga saat ini tim masih berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian dengan harapan seluruh korban secepatnya ditemukan" Ucapnya.


Selain itu, untuk memaksimalkan pencarian, Pos SAR Parapat Danau Toba juga mengerahkan satu unit drone yang dilengkapi teknologi pembaca thermal untuk melakukan pencarian melalui udara.



Data Korban :

1. Pintar Simanullang;

2. Juni Silaban;

3. Adriano Silaban;

4. Tiamin Sinambela;

5. Lasroha Simanullang;

6. Eva Purba;

7. Kriston Siregar;

8. Desman Sihombing;

9. Op.Gomgom;

10. br Banjar;

11. br Lubis;

12. br Simanjuntak. 


"Jasad korban bernama Br. Lubis ditemukan sekitar pukul 11.25 WIB di Danau berjarak sekitar 500 meter dari Lokasi Banjir Bandang. Korban telah dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga" Paparnya.


Sementara itu, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto mengatakan pihaknya juga turut serta melakukan pencarian para korban. Sebanyak 80 Personel Polisi dikerahkan.


"Kami sudah turun ke lokasi dari tadi malam kejadian dan pagi ini kita maksimalkan 80 anggota Polri membantu evakuasi baik material longsoran maupun mencari korban," pungkas Kapolres. (Rossy)







close