Libur Sekolah Belum Usai, Begini Tanggapan Dinas Pendidikan Kota Sibolga

Iklan Semua Halaman

.

Libur Sekolah Belum Usai, Begini Tanggapan Dinas Pendidikan Kota Sibolga

Staff Redaksi Banten
Sabtu, 20 April 2024
Teks Photo: Salahsatu sekolah Negeri di Sibolga masih tampak tertutup


SIBOLGA | MEDIA-DPR.COM. Libur sekolah SD, SMP Negeri di Kota Sibolga belum usai meski sekolah swasta lainnya telah masuk sekolah pada 16 Maret 2024 lalu. 


Libur panjang tersebut membuat orangtua siswa mengeluhkan waktu libur cukup lama bagi anaknya mengecap bangku Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Sibolga. 


Salah satu orangtua siswa menyampaikan kekesalannya, ia berpendapat bertambahnya hari libur sekolah hanya akan menimbulkan ketidaksiapan untuk kembali menjalani aktivitas di sekolah bahkan kondisi ketidaksiapan itu biasanya menyebabkan malas belajar. 


"Sekolah saja anak kadang susah untuk disuruh pegang buku dengan alasan tidak ada pekerjaan rumah diberikan Gurunya, apalagi libur begini," katanya Ana Manullang setengah menggerutu. 


Senada dengan tanggapan orangtua lainnya, G. L.Tobing berujar efek dari libur sekolah ini, anak-anak menjadi lebih banyak bermain bahkan berinteraksi dengan handphone. Ia menyesalkan keputusan dari Dinas Pendidikan Kota Sibolga ini yang memperpanjang hari libur sekolah Negeri yang tidak memiliki alasan yang urgent.


"Saya sangat sesalkan keputusan dari Dinas Pendidikan Kota Sibolga yang memperpanjang libur sekolah, padahal tidak ada alasan yang darurat untuk menunda giat belajar para siswa," keluhnya, Kamis, (18/4/2024). 


Ibu dari 3 anak ini meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga untuk tidak lagi mengambil keputusan yang sama untuk kedepannya sebab tidak mencerminkan sikap dari tenaga pendidik yang ingin mencerdaskan dan memajukan dunia pendidikan di Sibolga.


"Saya kira ini tidak akan terulang kedepan, karena tidak ada faedahnya libur panjang begini terhadap ananda, sedangkan disuruh giat belajar saja belum tentu pintar, apalagi lah libur begini" sebutnya. 



Teks Photo: Kabid Dikdas Kota Sibolga, Romsina, ST ketika dikonfirmasi di ruangannya 



Di tempat terpisah, ketika dikonfirmasi Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga dra. Masnot Hasibuan melalui Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas), Romsina, ST membenarkan jika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk SD, SMP Negeri di Kota Sibolga baru akan dimulai Senin, 22 April 2024 mendatang. 


"Benar, para siswa masih libur dan akan masuk pada senin depan," katanya kepada Wartawan di ruangan kerjanya, Jum'at (19/4/2024).


Romsina mengakui jika memang hari libur sekolah di Sibolga berbeda dengan daerah lainnya, namun telah menjadi keputusan Dinas Pendidikan Kota Sibolga menjadi hasil kesepakatan dengan rayon dikarenakan tanggung.


"Sudah dibicarakan sama orang rayon dan para Kepala Sekolah, karena juga banyak kegiatan, biar tenang dulu. Memang bedalah kami, tanggung lah namanya kan. Orangtua pun senangnya itu" ujarnya.


Kabid Disdak ini juga menjelaskan kendati libur sekolah di Sibolga lebih panjang, namun tidak mengganggu ataupun melewati jumlah dari hari efektif belajar sesuai dengan yang tertulis dalam kalender pendidikan.


"Yang penting tidak melewati jumlah dari hari efektif belajar," tandasnya. (Rossy Hutabarat)

close