Milad ke 1 FPPSKI Dengan Dukungan dan Kerjasama PB IPSI Menambah Kekuatan Nasional

Iklan Semua Halaman

.

Milad ke 1 FPPSKI Dengan Dukungan dan Kerjasama PB IPSI Menambah Kekuatan Nasional

Staff Redaksi Media DPR
Selasa, 18 Agustus 2020

JAKARTA | MEDIA-DPR.COM, Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) merupakan wadah atau organisasi yang baru berdiri satu tahun lalu tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2019, bersamaan dengan hari Kemerdekaan RI, yang tentunya setiap tahun dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Begitu juga pada hari Senin tanggal 17 Agustus 2020 bertepatan dengan HUT RI ke 75 ini, Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) yang di pimpin H.Anwar Al-Batawie selaku Ketua Umum FPPSKI menggelar Milad Pertama dilaksanakan di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta Timur.

Turut hadir dalam acara tersebut Presiden Pencak Silat Dunia, Mayjen TNI (Purn) Eddie M.Nalapraya, Ketua Umum Bamus Betawi, H. Zainudin, Pengurus IPSI DKI Jakarta, Aslam  dan
Pembina FPPSKI Laksda (Purn ) DR.Djayenk serta puluhan pimpinan perguruan Pencak Silat Indonesia dibawah induk organisasi PB IPSI

Pagelaran Milad ke 1 FPPSKI ini, diawali dengan peragaan dari para pesilat peraih hasil karya penampilan terbaik 1,2 dan 3 serta hasil karya harapan 1,2 dan 3 kompetisi pembuatan Videography Pencak Silat Keris Indonesia.


Dalam sambutannya selaku Ketua Umum FPPSKI, H.Anwar Al-Batawie mengatakan dirinya merasa bangga yang  baru berumur satu tahun FPPSKI hadir yang merupakan sebuah wadah perkumpulan para pesilat pelestari keris Indonesia dibawah induk organisasi PB IPSI

"Saya mengucapkan terimakasih kepada  semua aktifis yang memiliki kepedulian terhadap benda pusaka warisan budaya bangsa Indonesia untuk mengembangkan  dan melestaraikan dalam seni bela diri pencak silat keris, sehingga bisa terus memberikan arti dan makna serta kontribusi khasanah budaya yang positif kepada persatuan maupun kemajuan pencak silat Indonesia," ujar H.Anwar Albatawie kepada sejumlah wartawan termasuk MEDIA-DPR.COM, di Jakarta, Senen (17/08/2020).

Lebih lanjut H.Anwar Al-Batawie bahwa pada hari ulang tahun FPPSKI yang pertama ini, maka lahir bersama kita sebuah kreatifitas, meskipun rangkaian kegiatan  Milad FPPSKI
pertama ini, dilaksanakan sederhana tapi memenuhi makna melestarikan dan mengembangkan pencak silat keris Indonesia.

"Harapanya saya minta doa dari para tokoh maupun sesepuh FPPSKI semoga sekecil apapun yang kami lakukan pada milad pertama hari ini akan menjadi awal yang terbaik semoga Pencak silat Indonesia menjadi kebanggaan masyarakat di negara kita sendiri dan terus berjaya di dunia."ucap  H.Anwar Al-Batawie yang juga sebagai Ketum Astrabi ini.

Sementara itu Presiden Pencak Silat Dunia, Mayjen TNI (Purn) Eddie M.Nalapraya berpesan kepada seluruh genersi muda harapan bangsa Indonesia agar terus melestarikan khasanah budaya bangsa pencak silat keris Indonesia.

Karena dirinya tidak pernah kenal lelah menjabat sebagai presiden pencak silat dunia selama 30 tahun dalam pengabdiannya membangun dan mengembangkan pencak silat ke seluruh dunia sehingga  ia mendapatkan bintang tanda jasa dari Presiden RI pada tahun 2008.

"Saya membangun pencak silat dunia selama 30 tahun, tidak ada anggaran belanja negara yang saya pakai," tegasnya

Masih menurut Eddie bahwa memperkenalkan maupun mengembangkan  Pencak Silat pada setiap event nasional maupun Internasional seperti ke Sea Games,  Asean Game, Olimpiade hingga kejuaraan Dunia sehingga Pencak Silat seni bela diri budaya asli bangsa Indonesia mendapatkan pengakuan 
UNESCO bahwa  Pencak Silat menjadi warisan budaya tak benda asli Indonesia

Selanjutnya Doktor Causa Eddie M.Nalapraya berharap dengan diterimanya Pencak Silat di Dunia, tentunya kita wajib menjaga dengan menyerahkan berbagai macam berita-berita kegiatan Pencak Silat di berbagai media massa serta menyerahkan  video visual kegiatan Pencak Silat ke UNESCO seperti yang dilakukan FPPSKI pada milad pertama ini.

"Saya berpesan mudah-mudahan  FPPSKI dibentuk, sehingga Pencak Silat warisan budaya asli bangsa Indonesia kita ini bertambah maju dan jadikan seni bela diri  pencak silat untuk memperbaiki Akhlaq  yang merupakan Aspek keamanan jiwa lahir batin kita," tuturnya

Sedangkan Pembina FPPSKI Laksda (Purn ) DR.Djayenk memberikan ungkapan selamat Milad pertama FPPSKI yang mana merupakan embrio pencak silat.

"Marilah kita lestarikan Keris sebagai warisan budaya bangsa Indonesia dengan hadirnya FPPSKI berkerjasama dengan induk organisasinya PB IPSI, Insya Allah  menjadi kekuatan dan ketahanan nasional bangsa kita Indonesia,"tandasnya. (S handoko)
close