RINGANKAN BEBAN MASYARAKAT, GUBERNUR LAUNCHING BANSOS BERAS

Iklan Semua Halaman

RINGANKAN BEBAN MASYARAKAT, GUBERNUR LAUNCHING BANSOS BERAS

Media DPR
Jumat, 18 September 2020

 

 

JAMBI | MEDIA-DPR.COM, Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum launching (luncurkan) bantuan sosial (bansos) beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Provinsi Jambi. Peluncuran dilakukan di gudang Bulog Jambi, Pasir Putih, Kota Jambi, Kamis (17/9/2020). Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi turut hadir dalam launching tersebut.
 
Gubernur mengatakan, bansos beras diberikan kepada 104.239 (seratus empat ribu dua ratus tiga puluh sembilan) Keluarga Penerima Manfaat Provinsi Jambi di 11 kabupaten/kota, masing-masing keluarga mendapatkan 15 Kg beras. Gubernur mengharapkan agar bansos beras membantu meringankan beban masyarakat yang sangat terdampak Covid-19.
 
Gubernur mengapresiasi pelaksanaan launching bantuan sosial beras ini.   “Kasus pasien Covid-19 meningkat signifikan dengan ditemukannya indikasi penyebarannya. Melihat kondisi ini perlu upaya kita bersama dalam mengantisipasi penyebaran yang lebih luas lagi dengan meningkatkan kesadaran masyarakat yang mengampanyekan pentingnya menerapkan Protokol Kesehatan,” ujar gubernur.

 

Gubernur mengatakan, banyak upaya yang dilakukan pemerintah dalam percepatan penanggulangan wabah Covid-19, pemerintah pusat melakukan berbagai kebijakan refocusing anggaran dalam alokasi bantuan bagi masyarakat yang sangat terdampak, diantaranya program bantuan sosial.  “Alokasi bantuan bagi masyarakat keluarga penerima manfaat program keluarga harapan sebanyak 104.239 KPM Provinsi Jambi, sebanyak 15 kg beras yang tersebar di 11 kabupaten/kota. Penyediaan bantuan sosial ini juga menjadi salah satu bentuk kontribusi serta upaya Pemerintah Pusat dalam membantu mengurangi beban pemerintah daerah serta membantu mengurangi beban masyarakat yang sangat terdampak,” jelas gubernur.
 
Gubernur berharap bantuan sosial beras tersebut dapat disalurkan kepada masyarakat sesuai dengan prinsip 3 T : tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu.
 
Kepala Bulog Divre Jambi H.Defrizal menyampaikan, bansos beras ini dilepas untuk seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi, bertujuan untuk pemenuhan sebagian kebutuhan pangan masyarakat yang sangat terdampak Covid-19.


 


Defrizal mengatakan, Perum Bulog ditugaskan untuk menyediakan komoditi beras untuk bansos, yakni beras medium untuk 10 juta KPM PKH yang tersebar di seluruh Indonesia, masing-masing keluarga penerima manfaat PKH mendapat 15 Kg per KPM PKH, dengan total beras yang akan disalurkan di Indonesia berjumlah 450.000 ton.
 
Distribusi bansos beras, lanjut Defrizal, dilaksanakan oleh BGR logistik, tugas Bulog hanya menyediakan, dan mekanisme penyaluran sudah di-setting oleh pihak BGR. Bahtiar menambahkan, bansos beras diberikan untuk 3 bulan bulan: Agustus, September, dan Oktober, untuk bulan  Agustus dan September sekaligus disalurkan pada bulan September. Jadi nanti masing-masing KPM PKH langsung menerima beras dalam jumlah 15 kg dikali 2 berarti 30 kg,” tutur Defrizal.
 
Defrizal mengharapkan kerja sama yang baik dari semua pihak terkait, dengan harapan penyaluran bansos beras untuk 104.239 KPM PKH di Provinsi Jambi, dapat berjalan dengan aman dan lancar.
 

Editor : H.Pasaribu.
Sumber : Humas Pemprov Jambi.

close
Info Pasang Iklan