Satgas Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 Buleleng Akan Laksanakan Test Swab Massal

Iklan Semua Halaman

.

Satgas Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 Buleleng Akan Laksanakan Test Swab Massal

Staff Redaksi Media DPR
Selasa, 27 Oktober 2020

BULELENG BALI | MEDIA-DPR.COM, Untuk mempercepat menghilangkan wabah virus covid-19 di Kabupaten Buleleng, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaui Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 Buleleng. Sesuai dengan rencana, upaya percepatan penanganan Pandemi Covid-19 akan menyasar para Aparat Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) ini bakal digelar Bulan November 2020.

“Ini sudah menjadi instruksi pemerintah pusat melalui BNPB dan Satgas Covid-19 Provinsi Bali, pelacakan secara masif melalui tes swab massal akan dilakukan secara gratis,” Jelas Gede Suyasa yang sebagai Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 Buleleng, Selasa (27/10/2020). Setelah mengikuti rapat virtual yang digelar BNPB terkait pelaksanaan test sewab massal sebagai upaya pelacakan masif penyebaran Covid-19.


Suyasa menegaskan, test swab terhadap ASN, TNI dan Polri yang bertugas dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan karena mereka berinteraksi langsung dengan elemen masyarakat.

“Koordinasi sedang dilakukan dengan pihak provinsi dan dipersilahkan mengatur jadwal. Karena akan ada ribuan spesimen yang diambil dan dites di laboraturium RSUP Sanglah,” Ungkapnya.

Selain di Laboraturium RSUP Sanglah, juga disiapkan di Laboraturium PCR RSUD Buleleng.

“Pembangunan fisiknya akan selesai dalam waktu satu minggu ini. Pengaturan alat menghabiskan waktu satu hari, setelah itu bisa beroperasi untuk mengetes spesimen swab. Namun, kapasitasnya masih terbatas, hanya 45 hasil tes swab per hari. Sisanya dibawa ke RSUP sanglah,” Tandasnya

Lanjut Suyasa "Sesuai dengan kapasitas alat yang ada, penentuan jadwal pengambilan material swab juga sangat penting untuk diperhitungkan".

“Mengingat akan ada ribuan spesimen. Disisi lain, petugas yang mengambil spesimen tes swab jumlahnya terbatas, termasuk bahan dan alat yang digunakan untuk pengambilan spesimen,” Pungkasnya. (Sumber)

close