TNI AU Bersama BPPT Lakukan Modifikasi Cuaca Guna Tekan Intensitas Curah Hujan di Jabodetabek

Iklan Semua Halaman

.

TNI AU Bersama BPPT Lakukan Modifikasi Cuaca Guna Tekan Intensitas Curah Hujan di Jabodetabek

Staff Redaksi Media DPR
Rabu, 24 Februari 2021



JAKARTA | MEDIA-DPR.COM, Halim Perdanakusuma (Jakarta Timur) - TNI Angkatan Udara (AU)  berkerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali melakukan modifikasi cuaca (TMC) untuk mengurangi intensitas  hujan yang melanda Jabodetabek, Selasa (23/02/2021).


Adapun hari ini  penyemaian dilaksanakan sebanyak 3 sortie yang terdiri dari 2 sortie pesawat Cassa  A-2105 Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh yang diterbangkan Kapten Pnb Wanto di atas ketinggian 9000-10000 feet dengan membawa 800 kg garam.


Selanjutnya pesawat CN-295 A-2901 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma yang diterbangkan Kapten Pnb Iskandar di atas ketinggian 10000-12.000 feet dengan membawa 2,4 ton garam dilaksanakan sebanyak 1 sortie.


"Saat ini titik fokus penyemaian garam berada di daerah pantai Timur Lampung, Selat Sunda, Ujung Kulon sampai ke perairan selatan Provinsi Banten, setelah disemai, proses menurunnya hujannya sekitar 1 sampai 6 jam ," ujar Ir. Dwipa Wirawan Soejoed, M.Sc., selaku  Koordinator lapangan Tim BPPT.


Kegiatan modifikasi cuaca tersebut, merupakan bentuk kepedulian TNI Angkatan Udara yang bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) serta Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengurangi curah hujan yang tinggi yang mengakibatkan banjir di wilayah Jabodetabek. (AS)

close