Muhammad Nurdin Mantan Jenderal Polri Bintang Tiga Pengantian Rieke Diah Pitoloka

Iklan Semua Halaman

.

Muhammad Nurdin Mantan Jenderal Polri Bintang Tiga Pengantian Rieke Diah Pitoloka

Media DPR
Senin, 08 Maret 2021

 



JAKARTA | MEDIA-DPR.COM, Fraksi PDI-Perjuangan DPR RI mencopot Rieke Diah Pitoloka dari posisi Wakil Ketua Badan Legislasi  dan di gantikan oleh "Muhammad Nurdin" seorang purnawirawan jenderal polri. 


Nurdin adalah politikus kelahiran Kuningan Jawa Barat 6 Februari 1946 yang berlatar belakang polisi dengan pangkat terakhir Komisaris Jenderal polisi, Sejumlah jabatan penting di lingkungan polri pernah di emban. Diantaranya Kapolda Jabar tahun 1984-1988, Kapolda Aceh tahun  1994-1995, dan Kapolda Sumatra Utara tahun 1996-1997, Nurdin lalu menjadi anggota DPR RI pada tahun 2007-2014. karir nya sebagai anggota berhenti setelah Nurdin diangkat menjadi Staf Khusus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia "Yosonna  Laoly".


Dan Kembali menjadi anggota DPR RI periode 2014- 2019 lewat mekanisme pergantian antar waktu pada bulan mei  tahun 2018, Di pemilu 2019 Nurdi lolos setelah memperoleh suara terbanyak ketiga di Dapil Jabar 10 yang meliputi Ciamis, Pangandaran dan Kuningan dengan total perolehan suara 67.755 suara. Sejalan dengan latar belakang tersebut Nurdin kini di tunjuk untuk menjadi salah satu perwakilan PDIP di komisi 3 DPR RI yang meliputi pengawasan bidang hukum ham dan keamanan dengan mitra kerja Polri, Kejaksaan Agung, Badan Nasional Penanggulangan Teroris, Komnas HAM, Komisi Pemberantasan Korupsi, hingga lembaga-lembaga peradilan serta penegak hukum lainnya. 


Seketaris Fraksi PDIP DPR RI Bambang Wuryanto menuturkan bahwa, Nurdin merupakan sosok yang tepat untuk menyatukan seluruh lini, siapakah orang yang paling tepat, tentu kita mencari orang yang paham masalah dan punya disiplin tinggi, itu namanya Muhammad Nurdin," ucap, Bambang kepada awak media DPR.com di Komplek Parlemen Senayan Jakarta. Jum'at 5/03/2021.


di tempat terpisah Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto mengatakan, rotasi anggota di jabatan Wakil Ketua Baleg DPR RI dari Rieke ke Nurdin  bukan semata-mata untuk penyegaran atau rotasi biasa, dan kita tahu bahwa dalam waktu dekat Baleg akan penuh dengan tugas-tugas berat," pungkas Utut. ( Topan JP/Suyanto )

close
Info Pasang Iklan