Bupati Bandung Siap Bantu Warga Korban Banjir Bandang Kampung Papandayan RW 05 Asalkan Warga

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Bandung Siap Bantu Warga Korban Banjir Bandang Kampung Papandayan RW 05 Asalkan Warga

Staff Redaksi Media DPR
Jumat, 16 Juni 2023

 


KABUPATEN BANDUNG | MEDIA-DPR.COM, Bupati Bandung Dadang Supriatna tegaskan siap bantu selesaikan pembangunan rumah warga terdampak banjir bandang yang belum selesai pembangunannya.


Sebelumnya Bupati Bandung mengatakan siap bantu warga korban banjir bandang di Desa Neglawangi, Kampung Papandayan, terkait pembangunan relokasi rumah yang belum rampung di selesaikan, Kamis (15/06/2023).


Menurut Bupati Bandung terkait relokasi rumah korban banjir bandang di Desa Neglawangi karena warganya tidak mau pindah.


“Warga tidak mau pindah, kalau mau pindah kita akan bantu penyelesaian pembangunan rumah relokasi untuk warga korban banjir bandang tersebut,” ucapnya Bupati Bandung kepada liputan7.id saat acara Rembug Bedas di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, pada Jumat (09/06/2023) kemarin.


Terkait pembangunan relokasi rumah warga korban banjir bandang Tahun 2021 dan di bangunkan pada Tahun 2022 yang belum selesai  pembangunannya di Kampung Papandayan Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari sampai saat ini belum diketahui.



Sebaliknya menurut keterangan warga setempat korban banjir bandang mengatakan, bukan tidak mau pindah tapi pembangunan rumah yang disarankan Bupati Bandung dan di bantu dari Pemkab Bandung yang Rp15 Juta untuk material. Belum selesai pembangunannya sampai saat ini.


“Bukan tidak mau pindah Pak, pembangunan rumahnya belum selesai,” ungkapnya warga yang masih bertahan di lokasi banjir bandang.


Menurutnya ingin secepatnya pindah, takut terjadi seperti dulu, masih trauma masih mending musim kemarau kalau musim penghujan.


Diketahui sebelumnya banjir Bandang terjadi di wilayah Kabupaten Bandung tepatnya Kampung Papandayan RT 04 RW 05, Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari pada Sabtu sore (6/12/21), yang merendam 15 rumah, 1 tempat ibadah, dan 43 jiwa korban terdampak bencana itu.


Sebelumnya saat kunjungannya Bupati Bandung Dadang Supriatna pada, Jumat 12 November 2021 mengungkapkan. Terdapat 10 rumah dan 15 KK yang menjadi korban banjir bandang.


“Total ada 10 rumah dan 15 kepala keluarga yang menjadi korban dalam bencana alam ini. Untuk sementara, mereka semua mengungsi ke tempat saudara-saudaranya. Karena ada di lahan PTPN VIII, jadi dalam relokasi korban ini kita berkolaborasi,” ucap bupati di sela kunjungan ke lokasi bencana, Jumat 12 November 2021.


Untuk merelokasi korban, tutur Kang DS panggilan akrab bupati, PTPN VIII akan menyediakan lahan. Sedangkan Pemkab Bandung menyediakan bahan material dan membangun hunian sementara. (Red)

close