Heboh, Dugaan Pungli Dana BOK Hingga Jaspel Oleh Dinkes Tapteng

Iklan Semua Halaman

.

Heboh, Dugaan Pungli Dana BOK Hingga Jaspel Oleh Dinkes Tapteng

Staff Redaksi Banten
Kamis, 21 Desember 2023

TAPTENG | MEDIA-DPR.COM. Tapanuli Tengah sedang tidak baik-baik saja. Heboh, dugaan pungutan liar (pungli) Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Hingga Jasa Pelayanan (Jaspel) oleh petinggi Dinas Kesehatan Tapteng. 



Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta S.H., M.H., sigap membentuk tim pengawas dari Inspektorat Daerah untuk mengusut dugaan pungutan liar tersebut.



Sugeng menyebutkan, dirinya telah mengumpulkan Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (Ka UPTD) dan Bendahara Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), untuk mengetahui langsung dugaan pemotongan dana BOK dan Jaspel yang berlangsung di aula Dinkes Pemkab Tapteng, Selasa (19 Desember 2023) sekitar pukul 12:30 WIB.



"Kemarin siang, saya telah mengumpulkan para Ka UPTD Puskesmas dan Bendaharawan BOK dan Jaspel Puskesmas, dan melakukan interview terhadap 24 Ka UPTD Puskesmas dan Bendahara Puskesmas" kata Sugeng.



"Saya juga ikut panggil pihak-pihak terkait dari Dinkes yang dilaporkan telah memotong Dana BOK yang menjadi hak para Nakes (Tenaga Kesehatan) se-Tapteng," ujar Sugeng Riyanta.



Tindakan Eks Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat ini, terkait kunjungannya beberapa hari lalu di Puskesmas Aek Raisan Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.



"Langkah yang saya tempuh ini, masih terkait dengan sidak yang saya lakukan di Puskesmas Sitahuis beberapa hari sebelumnya," ungkap Sugeng Riyanta.



Ia katakan, "Sejak Senin, saya sudah membentuk Tim Pemeriksa dari Inspektorat untuk mengusut dugaan pungli dana BOK dan Jaspel oleh petinggi Dinkes Tapteng" Paparnya.



"Tim Pemeriksa, saya pimpin sendiri agar efektif bekerja. Saat ini Tim Pemeriksa masih bekerja. Tentang materi hasil pemeriksaan belum dapat kami ekspose ke publik, Terima kasih," Pungkasnya.  (Rossy)



close