Camat Ibun Harapkan Adanya SMA Negeri di Wilayahnya

Iklan Semua Halaman

.

Camat Ibun Harapkan Adanya SMA Negeri di Wilayahnya

Staff Redaksi Banten
Jumat, 08 Maret 2024


KABUPATEN BANDUNG | MEDIA-DPR.COM. Camat harapkan adanya Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di wilayah Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Pendidikan menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi perkembangan masyarakat. 


SMA merupakan jenjang pendidikan yang mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja. Kurangnya SMA Negeri di wilayah Kecamatan Ibun, membuat Camat Ibun Agus Rustandi ingin para generasi penerus bangsa membutuhkan SMA Negeri di wilayah tersebut. 


"Bahkan sudah diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan langsung disampaikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Di wilayah Kecamatan Ibun, sangat membutuhkan penambahan SMP dan SMA Negeri,” kata Camat Ibun di ruang kerjanya, Jumat (08/03/2024). 


Namun, Agus menjelaskan tidak semua daerah memiliki SMA Negeri yang memadai. Beberapa daerah masih kekurangan SMA Negeri salah satunya di Kecamatan Ibun, sehingga siswa harus mencari sekolah di daerah lain atau memilih SMA swasta yang mungkin memiliki biaya yang lebih tinggi. Hal ini tentu menjadi kendala bagi masyarakat yang tidak mampu secara finansial.


"Jangan sampai putra-putri di Kecamatan Ibun, putus sekolah karena biaya,” jelasnya.


Dalam konteksnya, Camat Ibun berpendapat peran seorang Camat sangatlah penting. Camat merupakan pejabat pemerintahan di tingkat kecamatan yang bertanggung jawab dalam mengelola dan memajukan kecamatan.


Salah satu tugas camat, menurut Agus adalah memperjuangkan kepentingan masyarakat di kecamatan tersebut, termasuk di bidang pendidikan," terangnya. 


“Sebagai seorang camat, saya berupaya untuk meminta adanya SMA Negeri di kecamatan Ibun,” kata Camat Ibun. 


Selain itu Agus mengatakan untuk kepentingan masyarakat, seorang Camat akan bawa suara tersebut untuk didengarkan oleh Pak Bupati dan mengadakan pertemuan dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, ataupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).


“Kami tak kenal lelah, memperjuangkan suara masyarakat mengenai kebutuhan akan adanya SMA Negeri di Kecamatan Ibun dan telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya memiliki SMA Negeri di kecamatan Ibun," ucapnya. 


Dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam upaya ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan dukungan dari masyarakat untuk mendukung usulan tersebut. “Kami gandeng semua steak holder, untuk pengadaan SMA Negeri, agar menjadi Ibun nga hiji,” pungkasnya. 


Agus juga menjelaskan, proses untuk mendapatkan SMA Negeri di kecamatan tidaklah mudah dan membutuhkan waktu. Namun, dengan upaya yang konsisten dan dukungan dari masyarakat, harapan untuk adanya SMA Negeri di Kecamatan Ibun tersebut dapat terwujud.


"Mudah mudahan harapan untuk adanya SMA Negeri dapat terwujud di Kecamatan Ibun,” harapan orang nomer satu di kecamatan Ibun. (GN/AS)

close