Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Diterima Warga Desa Kinali

Iklan Semua Halaman

.

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Diterima Warga Desa Kinali

Staff Redaksi Banten
Jumat, 26 April 2024


TAPTENG | MEDIA-DPR.COM. Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun 2024 tahap satu di Desa Kinali, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, telah diterima Warga. 


Penyaluran BLT kepada 29 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut dilaksanakan di Kantor Desa. 


Kepala Desa Kinali, Rahmi Simamora menerangkan Penyaluran BLT ini bertujuan agar dana desa dirasakan oleh seluruh warga desa, khususnya untuk meringankan beban ekonomi masyarakat. 


"Tentunya bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa ini akan meringankan beban ekonomi warga setempat," katanya kepada Wartawan, Jum'at (26/4/2024).



Ia,berharap segala macam bentuk bantuan yang disampaikan kepada masayarakat betul-betul tepat sasaran dan tepat guna, benar-benar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


"Lebih baik lagi jika dijadikan modal usaha, dengan begitu amanat dari Pemerintah Pusat dengan penyaluran BLT DD ini benar-benar meningkatkan taraf kesejahteraan warga," bebernya. 


Diungkapkannya, besaran yang diterima warga untuk BLT dana desa triwulan pertama ini sebesar Rp.900 ribu per masing-masing KPM. 


"Untuk besaran uang yang diterima yakni Rp.900 ribu untuk satu triwulan dari Januari, Februari dan Maret kepada 29 penerima," ungkapnya. 


KPM BLT Desa dibahas melalui Musyawarah Desa Khusus (musdesus) dan ditetapkan dengan Peraturan Kepala Desa. 


"Calon penerima BLT Desa diprioritaskan bagi keluarga miskin yang berdomisili di desa dan Musdesus dilaksanakan untuk memenuhi ketentuan yang diatur dalam Permendes Nomor 8 Tahun 2022, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa dan Surat Edaran Bupati nomor 142/1030," pungkasnya. (Ben)

close