LKP Bali Stars Entertainment Mendukung SE Gubernur Bali Memakai Endek Setiap Hari Selasa

Iklan Semua Halaman

.

LKP Bali Stars Entertainment Mendukung SE Gubernur Bali Memakai Endek Setiap Hari Selasa

Staff Redaksi Media DPR
Selasa, 02 Maret 2021

 



TABANAN BALI | MEDIA-DPR.COM, Pimpinan LKP Bali Star Entertainment, Andri Purwanto sangat mendukung penggunaan kain endek tradisional Bali yg baru" ini menjadi himbauan dr Gubernur Bali sesuai Surat Edaran Gubernur Bali No. 4 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali.


Andri Purwanto mengatakan saya secara secara pribadi sdh menerapkan pemakaian kain endek tsb sebelum surat edaran ini dikeluarkan baik dlm acara formal maupun non formal.



Alasan saya secara pribadi menyukai endek tradisional Bali antara lain saya sangat suka menggunakan produk lokal khususnya dlm hal tekstil dan kain utk bahan busana. Selain karena corak dan motifnya memiliki ciri khas, kain tenun endek Bali jg bisa diaplikasikan dlm setiap busana dalam nuansa apapun.


Lain drpd itu kain endek Bali patut kita banggakan Krn merupakan warisan budaya kreatif masyarakat Bali yg wajib dilestarikan dan dilindungi, serta digunakan dan diberdayakan sebagai jati diri masyarakat Bali yg berkarakter dan berintegritas.


Apalagi baru" ini kain tenun endek Bali telah dicatatkan sebagai Kekayaan Intelektual Komunal Ekspresi Budaya Tradisional oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI.



Sehingga tenun kain endek Bali perlu dipergunakan secara ekonomi utk mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali.


Khusus di LKP BSE murid" kami sdh terbiasa sebelumnya menggunakan kain tenun endek Bali dan tdk asing lg bagi mereka. Pada festival pemilihan ajang Jegeg Bagus Tabanan kain tenun endek juga digunakan dengan menampilkan aneka model dan corak sehingga bisa di aplikasikan bukan hanya upacara adat saja tapi untuk kegiatan di sekolah, perkantoran dan menjadi mode di kalangan anak muda.


Suasana Pandemi harus tetap berkreasi meskipun secara virtual mengadakan  Event Festival Budaya dgn menerapkan lomba busana adat ke pura dgn menggunakan kain endek tenunan bali dan busana pesta cocktail endek yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 maret 2021 dengan mengirimkan video yang akan dinilai oleh dewan juri bertempat di ruang cinema taman budaya ujar Andri Purwanto menutup wawancara.


(Gung Radja)

close